390 Pelajar Terima Komuni Pertama di Katedral Ruteng

Sebanyak 390 pelajar SD dan SMP, hari Minggu (27/4) kemarin menerima Sakramen Komuni Pertama di Katedral Ruteng. Perayaan Ekaristi dimulai jam 08.00 Wita. Para peserta adalah siswa di tujuh sekolah yang ada di wilayah Paroki Katedral Ruteng.

390 anak katedral terima komuni pertama

Rm. Ivan memberikan komuni pertama | Foto: Dok. Panitia

Perayaan Ekaristi penerimaan komuni pertama tersebut dipimpin oleh Rm. Ivan Selman, Pr, didampingi oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng Rm. Daniel Sulbadri, Pr bersama Rm. Yosef Kakor, Pr, Rm. Andy Latu Batara, Pr dan Pastor Kapelan Katedral Ruteng, Rm. Beben Gaguk, Pr. Dalam kotbahnya, Romo Ivan menegaskan pentingnya kesadaran baik penerima komuni pertama maupun orangtua/wali tentang keyakinan sebagai landasan penerimaan sakramen ini.

“Hendaknya semua menyadari bahwa landasan dari menerima sakramen komuni pertama adalah keyakinan akan Yesus Kristus. Komuni Pertama atau sambut baru tidak didasari oleh hal lain, terutama oleh kebiasaan bahwa kalau sudah kelas empat SD maka sudah harus sambut baru,” papar Kepala SMPK St. Fransiskus Saverius Ruteng ini. Tambahnya, karena berlandaskan keyakinan maka setelah menerima komuni pertama, setiap pelajar wajib menghayati serta senantiasa merindukan kehadiran Kristus dalam dirinya. “Cara terbaik adalah dengan selalu menghadiri perayaan ekaristi, tempat kita boleh menyantap tubuh dan darah Kristus,” kata Romo Ivan.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng. Romo Deny pada sambutannya mengatakan, melalui peristiwa penerimaan sakramen komuni pertama ini, kiranya orang tua selalu tergerak untuk mengajak putra-putri mereka mencintai ekaristi. “Sebagai pastor paroki, saya mengucapkan terima kasih kepada Romo Ivan yang sudah melayani penerimaan sakramen ini. Kami juga mengucapkan selamat kepada penerima sakramen komuni pertama dan juga kepada orangtua atau wali. Hari ini, duduk bersama mendampingi anak-anak menerima sakramen ini, semoga akan selalu duduk bersama pada perayaan ekaristi di hari-hari mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Rm. Beben Gaguk dalam sambutannya mewakili panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia dan petugas liturgi dari SDK Ruteng V, dan permohonan maaf atas hal-hal yang kurang berkenan baik selama persiapan maupun saat perayaan berlangsung. 390 penerima sakramen komuni pertama di Katedral Ruteng masing-masing sebagai berikut: SDK Ruteng II sebanyak 63 peserta, Ruteng III sebanyak 77 peserta, SDK Ruteng V sebanyak 72 peserta, SDK Ruteng VI sebanyak 80 peserta, SDI Konggang sebanyak 74 peserta, SDLB Karya Murni Ruteng sebanyak 23 peserta dan 1 orang dari SMPK St. Fransiskus Saverius Ruteng. Penerimaan komuni pertama kali ini berlangsung serempak di semua paroki di Kevikepan Ruteng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *