408 KK Dapat Beras Sosial Karitatif

408 kepala keluarga mendapatkan bantuan beras dari Aksi Sosial Karitatif Paskah 2015 di Paroki Katedral Ruteng. Nobertus Nagung, Ketua Tim Kerja Paskah 2015 Paroki Katedral Ruteng menuturkan distribusi beras tersebut dilakukan mulai Senin (30/3) sampai Kamis (2/4) mendatang.

408 KK Dapat Beras Sosial Karitatif

Tim Kerja Sosial Karitatif Paskah di Katedral Ruteng | Foto: Dok. DPP

Menurut Nobert Nagung, tim kerja Paskah yang menangani aksi sosial karitatif ini telah melakukan pendataan penerima bantuan beras berdasarkan usulan dari para pengurus Komunitas Basis Gerejawi atau KBG. “Keluarga yang menerima bantuan beras ini diusulkan oleh pengurus KBG, karena mereka yang tahu betul kondisi umat yang membutuhkan. Tim kerja hanya melakukan pembagian dan nanti pengurus KBG yang akan mengambil beras tersebut di sekretariat Paroki,” paparnya.

Sementara itu, anggota tim kerja sosial karitatif Maximus Tandu mengatakan setiap KK akan mendapatkan jatah empat kilogram beras. “Kita sudah hitung, ada 408 KK yang akan mendapatkan beras masing-masing empat kilogram per KK. Total beras yang akan disalurkan pada Paskah kali ini adalah 1.640 kg. Itu terdiri dari bantuan pemerintah Kabupaten Manggarai sebanyak 495 kg dan dari sumbangan umat Katedral Ruteng sebanyak 1.145 kg,” jelasnya.

Terkait sumbangan umat, pada aksi sosial karitatif tahun ini umat tidak lagi mengumpulkan beras. Bendahara DPP Katedral Ruteng Helena M. Palu mengatakan dana pembelian tambahan beras tersebut diambil dari dana perayaan paskah. “Tahun ini, untuk perayaan Paskah masing-masing KK di Katedral Ruteng mengumpulkan uang sebesar Rp. 30.000,-. Dana tersebut dipakai untuk pembiayaan kegiatan perayaan termasuk sewa terop dan lain-lain serta untuk pembelian beras tambahan untuk aksi sosial karitatif,” jelas Ellen.

Pada Paskah kali ini, yang menerima bantuan beras dari aksi sosial karitatif adalah umat Paroki Katedral Ruteng yang sangat membutuhkan. “Kalau tahun-tahun sebelumnya, selain umat kita juga memberikan bantuan untuk pihak lain, tahun ini fokus kita adalah umat Katedral saja. Ini adalah keputusan yang diambil oleh tim kerja setelah beberapa pertimbangan termasuk jumlah umat yang diusulkan pengurus KBG dan ketersediaan beras untuk aksi ini,” kata Maximus Tandu. Ditambahkannya, dengan aksi ini seluruh umat diharapkan dapat merayakan Paskah dengan penuh sukacita. Aksi sosial karitatif adalah bagian penting dari setiap perayaan besar di Paroki Katedral Ruteng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *