45 Peserta Ikut KPPK 2014 di Katedral Ruteng

Seksi Pastoral Keluarga DPP Katedral Ruteng, kembali melaksanakan agenda tahunan Kursus Persiapan Perkawinan Katolik KPPK. Pada tahun 2014 ini, kegiatannya dilaksanakan selama dua hari yakni 26 dan 27 Februari di Aula Assumpta. 45 peserta mengikuti KPPK 2014 di Katedral Ruteng tersebut.

45 peserta ikuti KPPK 2014 di Katedral Ruteng

M. Paul Hasiman menyampaikan materi Gender pada KPPK 2014 | Foto: Dok. DPP

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para peserta mendapat materi sebagai bekal membangun keluarga katolik yang baik. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Seksi Pastoral Keluarga Paroki Katedral Ruteng, M. Paulus Hasiman. “Materi yang disampaikan tidak berubah. Mereka belajar banyak hal, seperti sakramen tobat dalam keluarga, hukum perkawinan adat Manggarai, hukum dan moral perkawinan katolik, ekonomi, doa dan kitab suci, kesehatan keluarga dan HIV/AIDS, Keluarga Berencana Alami, hukum perkawinan sipil termasuk penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dan perlindungan anak dan masih banyak lagi,” jelasnya di sela pelaksanaan KPPK.

Menurut Paul yang juga menjadi pemateri gender, meski ini adalah agenda rutin namun dilakukan dengan persiapan yang matang sehingga para peserta benar-benar mendapat bekal yang cukup. “Para pemateri yang kita datangkan adalah orang-orang yang kita anggap memiliki kemampuan yang sangat baik serta menguasai bidangnya dengan baik. Misalnya untuk hukum perkawinan adat Manggarai, yang jadi pembicara adalah Bapak Yoseph Ngadot seorang tokoh adat yang selama ini bergerak di bidang kajian budaya. Sedangkan untuk kesehatan keluarga, kita hadirkan dr. Immaculata Veronika yang kini adalah Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat,” paparnya.

Selain dokter Vronny dan Yoseph Ngadot, para pemateri lain juga adalah tokoh yang tepat menjelaskan bidangnya masing-masing. Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran yang adalah seorang pengacara menyampaikan materi tentang Hukum Perkawinan Sipil, PKDRT dan PA. Sementara itu Ketua Komisi Liturgi Keuskupan Ruteng, Rm. Ompy Lasma Latu, Pr menjelaskan tentang Doa dan Kitab Suci dalam hidup keluarga. Pegiat promosi KBA di Manggarai, Sr. Robertilde, SSpS kembali menyampaikan materi tentang Menyambut Buah Hati dan Keluarga Berencana Alami.

Para peserta terlihat antusias mengikuti materi-materi yang diberikan. Setelah memperoleh seluruh materi, mereka berhak mendapat sertifikat kursus yang langsung dibagikan oleh Kepala Sekretariat Paroki Katedral Ruteng Markus Tarut. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *