OMK Lumen Gratiae Berbagi Keceriaan Pada Weekend OMK

50 anggota organisasi Orang Muda Katolik – OMK Lumen Gratiae Paroki Katedral Ruteng terlibat aktif dalam kegiatan Weekend OMK yang berlangsung di Pondok SVD Sengari Reo, 19 dan 20 Agustus 2012 kemarin. Kegiatan yang mengambil tema menjadi teman se-peziarahan itu berlangsung hangat dan dalam suasana penuh keceriaan. Belasan anggota OMK lama, berbaur dengan puluhan anggota baru yang siap memperkuat barisan OMK Lumen Gratiae Paroki Katedral Ruteng.

OMK Lumen Gratiae

Ice Breaking di Aula Pondok SVD Sengari | Foto: Dok. OMK

Kegiatan diawali dengan sesi perkenalan dan ice breaking pada pukul 17.00 WITA, dipandu oleh pendamping OMK Armin Bell, dilanjutkan dengan materi Menjadi OMK yang Militan pada pukul 17.30 WITA. Materi ini disampaikan oleh Ketua DPP Katedral Ruteng sekaligus pembina OMK Erlan Yusran. Pada sesi ini, anggota OMK diajak untuk melihat kembali sejarah perjuangan orang muda Katolik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita sebagai Orang Muda Katolik harus belajar dari generasi Katolik terdahulu yang telah ikut meletakkan dasar bangsa ini dengan berani, meskipun Katolik secara kuantitas adalah golongan minoritas di bangsa ini,” jelasnya.

Setelah sesi materi, anggota OMK juga diingatkan tentang pentingnya Menjadi Sahabat dalam Kristus oleh moderator OMK Romo Beben Gaguk, Pr. Kegiatan Weekend OMK juga diwarnai dengan diskusi film From Bandung With Love setelah makan malam bersama. Film tersebut mengangkat cerita tentang kesetiaan, perselingkuhan, membangun hubungan yang harmonis dengan pasangan serta bagaimana mengambil keputusan dengan tepat. Film ini sengaja dipilih karena sesuai dengan persoalan orang muda dewasa ini. Pada sesi diskusi film ini, anggota OMK berbagi pendapat serta komentar tentang cara yang tepat membangun hubungan dengan sahabat atau pacar. “Komunikasi adalah hal yang harus diperhatikan dalam setiap hubungan,” demikian komentar Ketua OMK Lumen Gratiae Oswaldus Segar usai menyaksikan film tersebut.

Setelah diskusi film, kegiatan dilanjutkan dengan renungan malam di pantai Sengari. Sesi renungan dibawakan oleh Rm. Andi Latu Batara, Pr. Usai renungan, anggota OMK berbagi keceriaan dalam api unggun dan rekreasi bersama sampai jam 12 malam. Hari kedua kegiatan diawali dengan senam doa, dilanjutkan dengan perayaan ekaristi serta penguatan organisasi. Anggota OMK diminta untuk mengisi data diri sekaligus merencanakan kegiatan lanjutan setelah Weekend. “Harapan saya, setelah kegiatan ini, OMK Lumen Gratiae semakin bersemangat dan tidak mundur lagi. Ke depan, akan diadakan pertemuan rutin setiap malam Minggu untuk membangun solidaritas antar anggota serta menyusun rencana untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan keterlibatan generasi muda Katolik,” tutur Imelda Agus salah seorang pembina OMK yang ikut mendampingi kegiatan tersebut. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *