Aksi Sosial Karitatif Natal 2014

Jelang perayaan Natal 2014 silam, Tim Kerja Natal dan Tahun Baru Paroki Katedral Ruteng kembali menyalurkan beras dan pakaian layak pakai untuk umat yang membutuhkan dalam aksi sosial karitatif Natal 2014. Beras dan pakaian tersebut adalah hasil sumbangan umat Katedral Ruteng.

Aksi Sosial Karitatif Natal 2014

Sebagian pengurus DPP Katedral Ruteng | Foto: Dok. DPP

Salah seorang anggota tim kerja yang menangani aksi sosial karitatif ini, Maximus Tandu menjelaskan bahwa penyalurannya dilakukan tanggal 20 – 23 Desember 2014. “Tahun ini total 1.994 kilogram beras yang terkumpul, yang terdiri dari bantuan Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinsosnakertrans, dari keluarga Toko Surya Agung dan dari umat Katedral yang dikumpulkan melalui pengurus KBG,” jelas Max yang juga merinci dari pemerintah sebesar 300 kg, Surya Agung 50 kg dan dari KBG-KBG sebanyak 1.594 kg.

Beras tersebut selanjutnya disalurkan kepada umat yang membutuhkan berdasarkan laporan dari pengurus KBG. Meski pengumpulan beras diputuskan melalui rapat pleno DPP, namun dalam pelaksanaannya ada beberapa KBG yang tidak ikut mengumpulkan. “Ada KBG yang tidak mengumpulkan, kita tidak tahu pasti alasannya, mungkin karena sosialisasi yang tidak sampai pada pengurus KBG, tetapi ada yang meski tidak mengumpulkan beras tetapi menggantinya dengan uang,” jelas Max. Ditambahkannya, dana pengganti beras tersebut digunakan untuk pembelian kebutuhan yang memperlancar proses distribusi bantuan, seperti pengadaan kantong plastik, transportasi dan lain-lain.

Pakaian untuk SLB Karya Murni

Sementara itu terkait pakaian layak pakai yang disumbangkan umat, tahun ini disalurkan langsung untuk kebutuhan para siswa di SLB Karya Murni. “Sepatu, baju, celana dan lain-lain yang disumbangkan umat kita langsung salurkan seluruhnya kepada SLB Karya Murni,” terang Sekretaris Paroki Katedral Ruteng Shinta Aldina. “Tahun sebelumnya pakaian layak pakai kita salurkan ke dua panti asuhan yakni Hanura dan Wae Peca, karena untuk SLB Karya Murni kita salurkan beras” sambung Shinta.

Aksi sosial karitatif pengumpulan beras dan pakaian layak pakai adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Paroki Katedral Ruteng dalam setiap perayaan besar seperti Natal dan Paskah. Sampai saat ini, kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan selalu diperbaiki mekanismenya dari tahun ke tahun berdasarkan masukan dari umat. Kriteria umat yang mendapatkan bantuan sepenuhnya menjadi kewenangan pengurus KBG. “Paroki hanya bertugas menyalurkan atau melakukan distribusi sedangkan sasaran bantuan sepenuhnya adalah sesuai rekomendasi pengurus KBG,” papar Max Tandu. Selain aksi sosial karitatif pada perayaan-perayaan, kegiatan sosial lainnya yang diprogramkan oleh DPP umat dan telah dilaksanakan adalah pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis di setiap wilayah. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *