Bulan Kitab Suci Nasional 2014 di Katedral

Bulan Kitab Suci Nasional 2014 di Paroki Katedral Ruteng akan diisi dengan beberapa kegiatan, yakni Katekese umat, lomba baca Kitab Suci dan kuis Kitab Suci.

Bulan Kitab Suci Nasional 2014 Katedral Ruteng

Rencana Kegiatan BKSN 2014 Paroki Katedral Ruteng

Dalam rangka mengisi Bulan Kitab Suci Nasional 2014, Seksi Kitab Suci DPP Katedral Ruteng menggelar rapat persiapan pada 27 Agustus 2014 silam. Rapat yang dilaksanakan di Aula Assumpta tersebut dihadiri oleh sebagian pengurus wilayah, KBG, utusan sekolah di paroki Katedral dan beberapa tokoh umat. Pada rapat tersebut disepakati bahwa pada tahun ini, DPP kembali melaksanakan tiga kegiatan yang juga dilaksanakan pada peringatan BKSN tahun sebelumnya, yakni katekese, lomba baca dan kuis Kitab Suci.

Wakil Ketua Pelaksana III Rumpun Pengudusan DPP Katedral Ruteng Simon Manggu usai rapat menjelaskan bahwa dalam mengisi BKSN tahun ini yang bertema Keluarga Beribadah Dalam Sabda, DPP Katedral Ruteng menyepakati tidak melaksanakan kegiatan baru. “Kita hanya akan melaksanakan agenda-agenda yang sudah kita laksanakan pada tahun-tahun sebelumnya,” kata Simon. Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Seksi Kitab Suci Bernadetha Dudet. Menurut Bernadetha, para peserta juga tidak berubah. “Untuk katekese, pesertanya adalah umat di tiap KBG sedangkan untuk kuis dan lomba baca, pesertanya para pelajar dari sekolah-sekolah di paroki kita,” tuturnya.

Kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional 2014 di Katedral

Berikut adalah agenda kegiatan berdasarkan rapat tersebut:

  1. Katekese: Dilaksanakan mulai tanggal 7 September 2014 di setiap KBG. Direncanakan setiap KBG akan melaksanakan 4 kali katekese sepanjang bulan September. Untuk kepentingan ini, pada tanggal 2 September 2014 telah dilaksanakan pembekalan kepada para fasilitator yang terdiri tokoh umat, biarawan/wati, pengurus KBG dan Wilayah. Pembekalan diberikan oleh P. Yosef Masan Toron, SVD.
  2. Lomba Baca Kitab Suci: Akan diikuti oleh peserta utusan dari SD, SMP, SMA/SMK di wilayah Katedral Ruteng. Setiap sekolah mengutus dua peserta (1 putra, 1 putri). Kegiatan lomba akan dilaksanakan pada tanggal 18 September 2014 untuk peserta tingkat SD dan SMP dan tanggal 19 September 2014 untuk tingkat SMA/SMK di Aula Assumpta Ruteng. Bacaan yang dilombakan adalah: Yohanes 3:1-13 (bacaan wajib) dan tiga bacaan pilihan yakni: Kejadian 18:1-15, Keluaran 33:11-23 dan Yesaya 6:1-8.
  3. Kuis Kitab Suci: Peserta lomba sama dengan pada lomba baca, dengan tambahan ketentuan setiap sekolah mengutus satu grup yang terdiri dari 3 pelajar. Materi kuis kitab suci diambil dari Kitab Keluaran. Kuis akan dilaksanakan pada tanggal 20 September 2014 di Aula Assumpta Ruteng.

Tahun 2013 silam, berbagai kegiatan dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional berlangsung sukses. Saat itu, SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng berhasil meraih juara pertama pada Kuis Kitab Suci.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *