Buletin Katedral Soroti Keikhlasan

Buletin Paroki Katedral Ruteng SWARDIKA telah terbit. Terbitan Juli 2013 ini adalah volume ke enam sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Agustus 2012 silam, bertepatan dengan Ulang Tahun Paroki Katedral Ruteng yang ke-92 (15/8). SWARDIKA adalah terbitan dua bulanan. Di awal peluncurannya berisi 8 halaman, kemudian bertambah menjadi 12 halaman sampai saat ini.
SWARDIKA Vol. 6 telah terbit
Pada edisi Juni – Juli 2013 ini, SWARDIKA mengambil tema utama Keikhlasan. Gerakan Seribu Rupiah atau GESER menjadi liputan utama. Penanggungjawab Buletin Rm. Beben Gaguk dalam suara redaksi menuliskan, “Rasa ikhlas tersebut tampak dalam solidaritas dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan dan pertolongan. Seribu rupiah atau yang biasa kita kenal dengan ‘seng kope‘ ternyata memiliki nilai lebih.” Hal tersebut bisa disimak pada liputan tentang GESER. Sejak pertama kali dibuat, aksi sosial karitatif ini telah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 2.064.000,- dan sudah disalurkan pada keluarga-keluarga di Paroki Katedral yang membutuhkan.
Selain tentang Gerakan Seribu Rupiah, SWARDIKA juga menurunkan liputan tentang pertanian organik di Katedral Ruteng, perkembangan pemutakhiran Database Umat Katolik Katedral Ruteng, kegiatan PPA Katedral dan catatan Ziarah Bunda Maria sepanjang Mei 2013. Sebagai bentuk kegembiraan atas perayaan 25 tahun Imamat Mgr. Hubertus Leteng, SWARDIKA menampilkan profil Uskup Ruteng tersebut. Selain itu, pada kolom sejarah juga diturunkan informasi Masa Episkopat Mgr. Hubertus Leteng di Keuskupan Ruteng.
Tentang keikhlasan, Pastor Paroki Katedral Rm. Daniel Sulbadri, Pr dalam kolomnya menulis tentang keikhlasan dari sudut pandang Gereja. “Ajaran sosial Gereja menuntut pengakuan atas fungsi sosial dari harta milik pribadi yang niscaya punya hubungan dengan kesejahteraan umum. Manusia Kristiani harus memandang harta benda yang dimilikinya secara sah dan halal, tidak sebagai miliknya sendiri tetapi berdimensi sosial untuk kesejahteraan sesama,” tulisnya.
Buletin ini juga diisi dengan liputan menarik lainnya dan sudah bisa didapatkan di sekretarian paroki atau di Gereja Katedral Ruteng pada saat misa. Para pembaca bisa membantu kelancaran terbitnya dengan mengganti ongkos cetak sebesar Rp. 5.000,- per eksemplar atau dengan cara memasang iklan atau ucapan selamat. (bell)

Baca juga:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *