Buletin Swardika Berulang Tahun

Buletin Swardika Katedral Ruteng

Foto | Dok.

Buletin Swardika Katedral Ruteng

Foto | Dok.

23 September 2013 ini, buletin dwi bulanan Paroki Katedral Ruteng genap berusia dua tahun. Terbitan yang diberi nama SWARDIKA ini telah tujuh kali terbit dan tampil dengan berbagai informasi seputar kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Paroki Sta. Maria Asssumpta – Stu. Yosef Katedral Ruteng.

Buletin Swardika Katedral Ruteng

Penanggungjawab buletin, Romo Beben Gaguk, Pr mengatakan nama SWARDIKA diambil sebagai akronim dari Suara Dari Katedral. “Karena isinya selalu seputar Katedral dan bercerita tentang harapan kita pada perkembangan paroki kita ke depan,” demikian Romo Beben menjelaskan arti nama tersebut. Buletin Swardika pertama kali diluncurkan tanggal 23 September 2012 silam, bertepatan dengan rangkaian peringatan Ulang Tahun Paroki Katedral Ruteng ke-92. Saat itu, peluncurannya dihadiri oleh Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng. 

Buletin Swardika Katedral Ruteng

Pada peluncuran perdana, Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengatakan buletin ini adalah salah satu media komunikasi milik Paroki Katedral Ruteng, sebagai jawaban atas himbauan Uskup terkait pentingnya paroki-paroki di Keuskupan ini memiliki media komunikasi dengan umat dan dunia luar. “Swardika adalah salah satu media. Selain itu ada warta mingguan Kreba dan blog paroki,” jelasnya.

Buletin Swardika Katedral Ruteng

Edisi Perdana

Pada dua edisi pertama, Swardika hanya hadir dengan delapan halaman per eksemplar. Namun pada perkembangannya, sejak edisi Desember 2012 – Januari 2013, jumlah halamannya ditambah. “Banyaknya agenda parokial, serta tingginya kebutuhan umat akan informasi-informasi seputar paroki, membuat kita menambah jumlah halamannya menjadi duabelas. Artinya, pada setiap terbitannya Swardika hadir dengan lebih banyak informasi,” papar Romo Beben.

Buletin Swardika Katedral Ruteng

Sampai saat ini, tidak banyak perubahan berarti pada rubrik-rubrik yang ada di buletin Swardika. Liputan Utama, Seputar Katedral, Sejarah, Suara DPP, Suara Pastor Paroki, Seri Orang Kudus, Katedral Sekilas, Liturgia dan Kolom adalah rubrik tetap. Sedangkan rubrik tambahannya adalah informasi dunia, catatan lepas dan sastra. Sejauh ini, pada setiap edisi Swardika disambut baik oleh umat Katedral Ruteng.

Buletin Swardika Katedral Ruteng

“Selama ini, liputan Swardika sebagian besar adalah informasi yang telah ada dalam blog. Bedanya, pada Swardika penyajiannya lebih lengkap dan disertai data-data yang juga lebih lengkap. Kita berharap, kehadiran buletin ini menjadi sesuatu yang dapat memperat umat dengan paroki, sehingga bisa membuat umat bersama-sama berpikir bagaimana paroki ini berkembang ke depannya. Selamat ulang tahun buletin Swardika, sukses selalu!” kata Romo Beben (bell)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *