Dampingi Umat, DPP Kerjasama Dengan Komunitas Biara

Dalam rangka meningkatkan partisipasi umat Katedral Ruteng pada kehidupan menggereja, DPP Katedral akan menjalin kerjasama dengan komunitas biara yang ada di Paroki Katedral Ruteng. Wujud kerjasama dengan komunitas biara tersebut adalah pendampingan oleh komunitas biara bagi kelompok basis gerejani atau KBG-KBG di di wilayah-wilayah Paroki Katedral.

Dampingi umat, DPP kerjasama dengan komunitas biara

Para Suster pada sebuah ibadat bersama Uskup Ruteng di Paroki Katedral | Foto: Kaka Ited

Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengungkapkan, alasan kerjasama tersebut adalah karena ada beberapa komunitas biara di Paroki Katedral Ruteng dan umat di tiap KBG perlu mendapat pendampingan sehingga kehidupan menggerejanya menjadi semakin baik. “Semua KBG kita harapkan akan mendapat pendampingan, namun karena komunitas biara yang ada tidak sama jumlahnya dengan KBG maka akan kita lakukan bertahap. Untuk tahun ini ada 12 KBG yang didampingi. Kita meminta kesediaan beberapa komunitas biara untuk hal tersebut. Setiap bentuk pendampingan diharapkan berujung pada tercapainya tujuan bersama yang meningkatnya partisipasi umat pada kehidupan menggereja,” kata Erlan.

Hal tersebut disampaikannya dalam rapat koordinasi pimpinan biara dengan pengurus DPP di Aula Assumpta, Minggu (9/2) kemarin. Ditambahkannya, pendampingan seperti itu dipandang penting untuk membangun kesadaran umat tentang betapa pentingnya partisipasi mereka bagi Gereja.  Rapat tersebut dihadiri oleh Pastor Paroki Katedral Rm. Daniel Sulbadri, Pr, pimpinan komunitas biara, beberapa ketua wilayah dan KBG.

Dalam rapat disepakati, salah satu bentuk nyata dari kerjasama dengan komunitas biara itu adalah kesediaan beberapa komunitas mendampingi umat di 12 KBG dimaksud. Komunitas Biara SSpS akan mendampingi umat di KBG Pitak VI Wilayah VI, KB St. Yohanes Wilayah IX dan KBG St. Arnoldus Yansen Wilayah XII. Sementara itu dua KBG di wilayah XI akan didampingi oleh komunitas biara KSSY, yakni KBG St. Dominikus Waso Bea dan KBG Rumah Kencana Waso Bea.

Di saat yang sama juga diputuskan Komunitas Biara Vocationis Sisters mendampingi KBG Watu V-C Wilayah II, komunitas biara HHE mendampingi KBG Nekang I-A Wilayah IV, komunitas biara Vocationis Fathers mendampingi KBG Nekang IV dan KBG St. Paulus Ngencung di Wilayah IV, dan komunitas biara Scalabrinian mendampingi tiga KBG yakni St. Fransiskus Sejahtera I Wilayah IX, St. Familia Rowang Wilayah X dan St. Paulus Waso Golo Wilayah II.

Selain melibatkan komunitas biara, pendampingan umat di KBG juga akan dilakukan oleh empat belas mahasiswa PGSD STKIP St. Paulus Ruteng. Ke empat belas mahasiswa tersebut sedang menjalankan program Praktek Kerja Lapangan atau PKL di Paroki Katedral Ruteng. Sebelumnya, para mahasiswa akan mendapat bimbingan dari DPP sebagai bekal untuk dapat melakukan pendampingan dengan baik. “Kita berharap, upaya ini akan mampu membangun kesadaran umat. Kesadaran itu penting karena berjalannya seluruh kegiatan parokial sangat bergantung pada partisipasi umat, baik berupa kehadiran pada Misa serta perayaan besar juga dalam bentuk kesetiaan membayar Iuran Paroki Mandiri,” papar Ketua DPP Katedral Ruteng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *