Dari Austria Ikut Sumbang Aula Katedral

Dalam rangkaian kunjungan ke Paroki Katedral Ruteng, rombongan asal Austria yang datang bersama misionaris asal Katedral Ruteng P. Severin Korsin, SVD menyerahkan bantuan untuk pembangunan aula Katedral Ruteng.

Umat Austria Bantu Pembangunan Aula Katedral

Tamu dari Austria diterima dengan Manuk Kapu | Foto: Dok DPP

Penyerahan sumbangan tersebut dilakukan pada saat Misa kedua, Minggu (3/8) di Gereja Katedral Ruteng. Pater Very saat menyerahkan sumbangan tersebut mengungkapkan bahwa, dana untuk mendukung pembangunan aula Katedral Ruteng yang dikumpulkannya bersama umat di Austria tidaklah banyak. “Jumlahnya tidak banyak. Ini hanya bantuan kecil yang saya kumpulkan bersama umat di tempat kerja saya di Austria, juga sebagai bentuk perhatian saya sebagai anak Katedral di tempat yang jauh,” kata Pater Very sebelum menyerahkan sumbangan sebesar 755 Euro (sekitar sebelas juta rupiah, dengan kurs 1 Euro = 15.000, red) tersebut kepada Panitia Pembangunan Aula yang diwakili oleh Bapak Valens Lama.

Sumbangan umat Austria tersebut adalah salah satu bentuk kerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya menyelesaikan pembangunan aula Katedral Ruteng. Seperti diketahui, panitia pembangunan aula Katedral Ruteng terus berupaya menggalang dana dari berbagai pihak. Salah satunya adalah dengan mengirim proposal via email kepada misionaris asal Katedral Ruteng yang berkarya di luar negeri. Tentang umat Austria yang ikut sumbang aula Katedral Ruteng, pada pertemuan malam sebelumnya di ruang tamu pastoran, kepada para tamu disampaikan harapan agar setelah kembali ke Austria nanti juga tetap berupaya menggalang dana untuk proses pembangunan ini. Harapan ini disambut baik oleh seluruh anggota rombongan.

Sementara itu, perayaan misa kedua yang dipimpin langsung oleh Pater Very didampingi oleh Rm. Daniel Sulbadri, Rm. Beben Gaguk, Rm. Emil Jehadus tersebut juga dihadiri oleh seluruh anggota rombongan umat Austria, yakni: Mr. Christoph Huber, Mrs. Iris Feuerstein, Mrs. Margit Meusburger, Mrs. Elisabeth Christof, Mr. Norbert Christof, Mrs. Linda Proidl, Mr. Andreas Fussenegger, Mr. Michael Spiegel, Mr. Andreas König, Mrs. Christel Braun dan Mr. Thomas Stieber. “Sebagian dari mereka adalah umat dari paroki tempat saya pernah bekerja, sedangkan beberapa lainnya adalah sahabat saya di Austria,” kata Pater Very ketika memperkenalkan mereka kepada umat. Pastor Paroki Katedral Ruteng Rm. Daniel Sulbadri menyampaikan terima kasih berlimpah atas kunjungan dan perhatian Pater Very bersama umat Austria untuk Paroki Katedral Ruteng. Koor pada misa tersebut ditanggung oleh PS Sangkakala, yang menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa Manggarai, Inggris dan Jerman. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *