Devosi Pada Maria Mendekatkan Kita dengan Tuhan

Gereja Katolik sangat menghormati Bunda Maria. Dalam setahun paling tidak ada limabelas pesta Gereja yang berhubungan dengan Maria. Hal tersebut berhubungan dengan kenyataan bahwa Maria adalah Bunda Allah. Dalam Lumen Gentium 53 dijelaskan: … Ia (Maria) dianugerahi karunia serta martabat yang amat luhur, yakni menjadi Bunda Putera Allah, maka juga menjadi Puteri Bapa yang terkasih dan kenisah Roh Kudus. Karena anugerah rahmat yang sangat istimewa itu ia jauh lebih unggul dari semua makhluk lainnya, baik di surga maupun di bumi…

Devosi pada Maria mendekatkan kita dengan Tuhan

Perarakan Arca tahun 2013 | Foto: Kaka Ited

Karenanya, pada bulan Oktober ini seluruh umat Katolik diminta untuk melakukan devosi kepada Maria melalui doa rosario. Hal tersebut disampaikan oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng, Rm. Daniel Sulbadri, Pr dalam kotbahnya pada Misa Pembukaan Bulan Rosario di Gereja Katedral Ruteng, Selasa (1/10). Pada misa yang dimulai jam 17.30 WITA tersebut, Rm. Deny didampingi oleh Rm. Beben Gaguk, Pr.

Menurut Romo Deny, yang harus dilakukan dalam bulan Rosario ini adalah berdoa bersama Bunda Maria kepada Tuhan kita Yesus Kristus, karena devosi pada Maria mendekatkan kita dengan Tuhan. “Hendaknya devosi kepada Bunda Maria membuat kita semakin dekat dengan Tuhan kita Yesus Kristus,” jelasnya. Ditambahkannya, dalam doa rosario yang diadakan secara bergilir dari rumah-rumah pada bulan ini, kita berdoa dan memohon agar Bunda Maria bersama kita berdoa untuk setiap permohonan kita. Tujuan doanya tetap kepada Allah Tritunggal Maha Kudus, Bapa Putera dan Roh Kudus.

Misa pembukaan Bulan Rosario tersebut dihadiri oleh umat Paroki Katedral Ruteng, serta para pelajar dan mahasiswa di paroki ini. Semula, perayaan tersebut direncanakan dilaksanakan di Gua Maria Katedral Ruteng. Tetapi karena pertimbangan cuaca, misa dilaksanakan di Gereja Katedarl. Koor dan liturgi ditanggung oleh OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *