Doa Sinode III Keuskupan Ruteng

Saat ini, Gereja Katolik Manggarai kembali bersinode. Ini adalah sinode yang ke-3 di Keuskupan ini, sejak pertama kali Gereja Katolik di wilayah Manggarai hadir; ditandai dengan pembaptisan pertama di Jengkalang Reo tahun 1912 silam. Mendukung seluruh proses Sinode III yang berlangsung selama tiga tahun (2013 – 2015), seluruh umat diminta untuk bersatu dalam Doa. Berikut Doa Sinode III Keuskupan Ruteng:

Allah, jalan kebenaran dan kehidupan! Kami memuji dan memuliakan Dikau sebab Engkau memimpin Gereja Katolik Manggarai Keuskupan Ruteng dengan Rohmu yang kudus. Engkau selalu menyirami persekutuan umatMu ini dengan embun ilahi Sabda Putera-Mu serta menguatkannya dengan roti kehidupan kekal. Kami bersyukur atas segala rahmat dan berkat, kesetiaan dan kasih sayangMu dalam peziarahan iman selama seratus tahun yang telah lewat.

Ketika memasuki paruh abad kedua peziarahan iman di tanah Nuca Lale ini, kami mempersembahkan umat Allah Keuskupan Ruteng ke dalam rengkuhan kasih ilahiMu. Kami menyerahkan ke dalam bimbinganMu yang kudus Sinode III Keuskupan Ruteng yang berlangsung dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2015.Sinode ini adalah ziarah bersama untuk melihat kehidupan Gereja dalam cahaya sabda Allah dan menentukan arah dasar pastoral dalam tuntunan Rohkudus.

Maka kami mohon, penuhilah dengan api kasihMu di Paroki, Stasi dan KUB, serta seluruh umatMu. Semoga Sinode III ini menjadi peristiwa berahmat yang menuntun kami untuk menemukan Dikau sebagai sumber kekuatan hidup ini dan meneguhkan persekutuan kami bahwa kami semua adalah saudara. Isilah bejana hidup ini dengan anugerah surgawi agar kami, umat Allah Keuskupan Ruteng semakin bertumbuh dalam iman yang solid, mandiri dan solider.

Santa Maria, Bunda Allah dan Bunda Gereja; Santo Yosef penyembah Yesus dan Pelindung Gereja, doakanlah Keuskupan kami di hadapan Yesus Kristus, kepala Gereja, agar ia menuntun kami menuju suka cita kepenuhan hidup abadi. Amin.

Bapa Kami (1x), Salam Maria (3x), Kemuliaan (1x)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *