Doa Tahun Hidup Bakti

Paus Fransiskus mencanangkan tahun 2015 sebagai Tahun Hidup Bakti. Pada tahun yang sama Gereja memperingati 50 tahun dua dokumen penting Konsili Vatikan II, yaitu Perfectae Caritatis (Dekret Tentang Hidup Bakti) dan Lumen Gentium (Konstitusi Dogmatis Tentang Umat Allah). Kedua Dokumen ini secara khusus berbicara tentang hidup bakti. Tahun Hidup Bakti akan dibuka secara resmi pada tanggal 21 November 2014 dan akan ditutup pada tanggal 21 November 2015 pada peringatan Santa Perawan Maria Dipersembahkan Kepada Allah. Dalam hubungan dengan pencanangan tersebut, pada setiap Misa di Keuskupan Ruteng didaraskan doa khusus, Doa Tahun Hidup Bakti.

doa

Doa

Doa Tahun Hidup Bakti

Kami bersyukur dan berterima kasih kepadaMu, karena Engkau memanggil di antara kami pribadi-pribadi yang secara khusus menyerahkan hidupnya untuk mengikuti dan melayani PutraMu sebagai imam, suster, bruder, frater, perawan hidup bakti, rahib dan anggota serikat sekular.

Pada tahun Hidup Bakti 2015 ini, kami memohon secara istimewa berkat bagi mereka yang dipanggil agar diperbaharui dan dikuatkan oleh cintaMu, dan mereka sungguh mengalami kasih yang mendalam akan Dikau.

Karuniakanlah rahmat Roh Kudus, agar menolong mereka agar tetap berjalan dalam rahmat, kehendak dan tuntunanMu.

Semoga mereka menjadi saksi garam dan terangMu melalui tutur kata, tindakan kenabian dan sikap hidup yang pantas karena kesatuan rohani mereka denganMu.

Benamkanlah mereka dalam hati PutraMu yang berbelas kasih supaya mereka tetap setia dalam semangat doa, kecintaan yang mendalam akan ekaristi dan semangat kerasulan, sehingga mereka beroleh kekuatan dan kegembiraan sejati dalam menjawabi panggilanMu.

Semoga melalui mereka yang dipanggil, Engkau menarik makin banyak anak, remaja, orang muda dalam keluarga kami untuk mengikuti jejak Putramu.

Doa ini kami sampaikan dengan pengantara Yesus Kristus PutraMu, Tuhan kami yang bersama Dikau dalam Persekutuan Roh Kudus, hidup dalam berkuasa, Allah sepanjang segala masa. Amin

Catatan:

Di Gereja Katedral Ruteng, doa tahun hidup bakti didaraskan bersama pada saat sepanjang tahun hidup bakti pada saat komuni. Doa tahun hidup bakti juga selalu hadir dalam setiap edisi warta mingguan Kreba Paroki Katedral Ruteng.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *