Doa Tahun Persekutuan

Gereja lokal Keuskupan Ruteng menetapkan tahun 2018 sebagai Tahun Persekutuan. Penetapan ini dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan rekomendasi Sinode III Keuskupan Ruteng. Diharapkan, pada tahun ini kehidupan persekutuan menjadi semakin kuat; antarumat dan dengan Allah, Tuhan kita.

doa tahun persekutuan

“Doa” | Foto: Frans Joseph, Ruteng

Doa Tahun Persekutuan

Allah Bapa kami, sejak dahulu kala Engkau memanggil dan menyelamatkan manusia bukan seorang diri, tetapi sebagai satu umat.Hal itu dilanjutkan oleh Kristus, Putera-Mu yang memanggil para murid untuk membentuk sebuah persekutuan cinta kasih.

Persekutuan Gereja ini telah dimeterai oleh darah-Nya di salib dan dibangun oleh roh-Nya menjadi: “Bait Allah yang Kudus” (Ef 2:21). Demikianlah, Gereja menjadi paguyuban umat beriman yang dijiwai oleh persekutuan kasih Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

Tuntunlah umat Allah Keuskupan Ruteng dalam tahun persekutuan 2018 ini, agar menjadi Gereja lokal yang semakin diresapi oleh persekutuan kasih Allah Tritunggal Maha Kudus.

Jadikanlah paroki-paroki kami menjadi paguyuban beriman yang integral, di mana iman tidak hanya dirayakan dalam liturgi, tetapi sungguh diwartakan, serta diwujudkan dalam persaudaraan hidup sehari-hari.

Bimbinglah biara-biara kamu agar semakin menjadi komunitas yang memancarkan kemurnian, kemiskinan, dan ketaatan Injili.

Curahkanlah dalam kehidupan KBG-KBG kami: semangat persatuan, saling membantu, dan berbelarasa.

Pimpinlah Sekami, OMK, Komunitas Rohani, dan Kelompok Kategorial lainnya agar menjadi “terang” dalam masyarakat dan “garam” bagi dunia.

Baruilah kehidupan keluarga-keluarga kami dengan api cinta kasih, rahmat kesetiaan, dan embun pengampunan.

Santa Maria, Bunda Allah dan Bunda Gereja, bimbinglah umat Allah Keuskupan Ruteng, agar dalam kehidupan dunia yang dijerat egoisme dan materialisme, kami menjadi persekutuan yang dibangun dalam solidaritas, bukannya ingat diri; dalam kerelaan berbagi, bukannya nafsu mengumpulkan harta.

Doakanlah komunitas-komunitas kami agar selalu dikuatkan oleh roti ekaristi dan diterangi oleh Sabda Allah. Peluklah kami dengan cinta keibuanmu, agar dari hari ke hari kami semakin menghayati semata Gereja Perdana yang selalu “sehati dan sejiwa” dalam Kristus Tuhan dan Kepala Gereja, kini dan sepanjang masa.

Amin.

Catatan: Di Gereja Katedral Ruteng, Doa Tahun Persekutuan ini didaraskan pada setiap perayaan Ekaristi mingguan, biasanya pada saat Komuni. Setelah doa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Dalam Yesus Kita Bersaudara”. Kita semua diharapkan mendaraskan doa ini di keluarga dan pada doa-doa harian kita.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *