Doa Tahun Pewartaan

Tahun 2017 adalah Tahun Pewartaan. Di Gereja Katedral Ruteng, sepanjang tahun pewartaan ini, Doa Tahun Pewartaan didaraskan setiap Misa Sabtu dan Minggu. Umat juga diajak untuk mendaraskan doa ini sepanjang tahun 2017.

doa tahun pewartaan

Foto: Frans Joseph

Doa Tahun Pewartaan

Tuhan Yesus Kristus, Sang Guru Ilahi, Engkau berkeliling dari kampung ke kampung, dari kota ke kota, untuk mewartakan kabar gembira Kerajaan Allah (Luk 8:1). Utuslah pula kami, murid-muridMu zaman ini, agar dapat menjadi Gereja dengan “pintu-pintu terbuka”, yang menyalurkan “sukacita Injil” kepada semua orang, terutama orang-orang kecil, miskin dan menderita.

Dalam tahun pewartaan 2017 ini, kami memohon karunia RohMu, untuk membarui umat Allah Keuskupan Ruteng. Kobarkanlah semangat kami yang lesu! Teguhkanlah iman kami yang lemah! Bakarlah api kasih yang redup!

Bimbinglah param imam, biarawan-biarawati, katekis, dan guru agama, agar selalu mewartakan Dikau, Sabda Kerahiman, yang menyapa situasi hidup umatMu yang nyata. Gerakkanlah pula seluruh umatMu, agar terlibat menjadi saksi-saksi Injil dalam hidup sehari-hari. Dampingilah keluarga-keluarga kami agar tidak terbuai oleh kesenangan duniawi yang semu serta bersikap kritis terhadap pesona media sosial. Biarkanlah mereka menemukan Engkau satu-satunya, sebagai jalan, kebenaran, dan kehidupan yang sejati.

Ya Yesus, rangkullah kami dalam pelukan kasihMu agar kami semaki menjadi persekutuan umat beriman yang solid di atas dasar InjilMu, yang mandiri karena rahmatMu dan solider berkat cintaMu. Jadikanlah kami, rasul dan bentara sabdaMu, yang menyinari keadilanMu di tengah kegelapan masyarakat, memancarkan kebenaranMu di tengah kesesatan dunia, dan mengalirkan pengampunanMu dalam kedosaan manusia.

Santa Maria Bunda Allah, dan Santo Yosef Pelindung Gereja, doakanlah anak-anakMu, agar kami, umat Allah Keuskupan Ruteng, semakin merasakan gema lembut kehadiran Yesus, Sang Sabda Ilahi dalam hati kami. Bantulah agar dalam segala suka duka hidup ini, kami dapat berseru nyaring penuh iman kepadaNya: “Firmanmu adalah pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Amin.

Catatan:
Doa ini didoakan setiap perayaan ekaristi hari Minggu, biasanya sebelum lagu post komuni dinyanyikan. Usai doa, umat melantunkan lagu “FirmanMu” (Amy Grant & Michael W. Smith). 

Berikut lirik lagu “FirmanMu”

FirmanMu plita bagi kakiku, terang bagi jalanku (2 X)

Waktu kubimbang dan hilang jalanku, tetaplah Kau di sisiku.

Dan tak ;kan kutakut asal Kau di dekatku, besertaku selamanya.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *