Doa Tahun Suci Kerahiman

Doa Tahun Suci Kerahiman. Tanggal 8 Desember 2015 – 20 November 2016 adalah Tahun Suci Kerahiman. Di Gereja Katedral Ruteng, doa tahun suci kerahiman ini didaraskan setiap perayaan ekaristi. Umat juga diajak untuk mendaraskan doa tahun suci kerahiman ini pada setiap kesempatan.

Doa Tahun Suci Kerahiman

Doa Tahun Suci Kerahiman | Foto: Kaka Ited

Doa Tahun Suci Kerahiman

Tuhan Yesus Kristus, Engkau mengajar kami supaya murah hati seperti Bapa di surga, dan bersabda kepada kami bahwa barangsiapa melihat engkau, ia melihat Bapa. Tunjukkan wajahMu kepada kami, dan kami akan selamat.

TatapanMu yang penuh kasih membebaskan Zakheus dan Matius dari perbudakan uang; membebaskan pelacur dan Magdalena dari nafsu memburu kebahagiaan hanya dalam barang ciptaan; membuat Petrus meratap sesudah pengkhianatan, dan menjanjikan firdaus kepada penyamun yang bertobat.

Biarlah kami mendengar, seolah-olah dialamatkan kepada kami, kata-kata yang Kauucapkan kepada perempuan Samaria, “Seandainya kamu menyadari karunia Allah!” Engkau adalah wajah kasat mata dari Bapa yang tak kelihatan, wajah dari Allah yang menyatakan kuasaNya terutama lewat pengampunan dan belas kasihan: biarlah Gereja menjadi wajahMu yang tampak nyata di dunia ini, karena Engkaulah Tuhannya yang telah bangkit dan dimuliakan.

Tuhan Yesus Kristus, Engkau menghendaki agar para pelayanMu juga merasakan kelemahan, supaya mereka dapat berbelaskasihan kepada orang-orang yang acuh tak acuh dan sesat; biarlah setiap orang yang menghampiri pelayanMu merasa diperhatikan, dikasihi, dan diampuni oleh Allah.

Utuslah RohMu, dan kuduskanlah setiap orang dari kami dengan pengurapanNya, sehingga Yubileum Kerahiman ini dapat menjadi tahun rahmat Tuhan. Semoga, dengan gairah baru, GerejaMu dapat membawa kabar baik kepada kaum papa, memaklumkan kebebasan kepada para tawanan dan kaum tertindas, dan memulihkan penglihatan orang-orang buta.

Lewat Maria, Bunda Kerahiman, kami sampaikan semua ini kepadaMu, ya Tuhan Yesus, yang hidup dan berkuasa bersama Bapa dan Roh Kudus untuk selama-lamanya.

Amin

Lihat juga: Doa-doa Katolik dalam Bahasa Manggarai

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *