Dongeng untuk PPA Katedral Berusia Setahun

Dongeng untuk PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng, Januari 2016 kemarin telah genap berusia satu tahun. Perayaan ulang tahun kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Baca LG Corner Ruteng.

dongeng untuk ppa berusia setahun

Dongeng untuk Anak di LG Corner Ruteng | Foto: Dok

Seperti diketahui, sejak bulan Januari tahun 2015 silam kelompok Putra Putri Altar Paroki Katedral Ruteng mengikuti kegiatan tambahan yakni mendengar dongeng sekali sebulan. Kegiatan berjudul “Sore Cerita – Dongeng untuk Anak” tersebut diselenggarakan oleh para seniman muda yang tergabung dalam Kelompok Teater Saeh Go Lino Ruteng. Pada hari Minggu 10 Januari 2016 silam, ulang tahun pertama diisi dengan berbagai kegiatan.

Inisiator kegiatan Dongeng untuk Anak tersebut, Armin Bell mengatakan selama setahun terakhir kegiatan dilaksanakan sebulan sekali. “Kelompok sasarannya adalah anak-anak yang bergabung di kelompok kategorial Putra Putri Altar PPA Paroki Katedral,” jelasnya. Cerpenis asal Ruteng ini menambahkan, yang tampil sebagai pendongeng adalah seniman teater Erick Demang. Setiap bulan, satu dongeng dipilih lalu ditulis ulang sehingga pendongeng menjadi lebih mudah tampil dan membuat ekspresi yang sesuai dengan maksud teks.

“Dongeng kita pilih dari berbagai tempat, mulai dari dongeng internasional seperti karya H. C. Andresen dan Grimm Bersaudara, sampai pada kisah Pondik dari Manggarai,” tambah Armin. Sementara itu, menurut Erick Demang kegiatan dongeng ini sengaja dipilih karena mampu mengembangkan daya imajinasi anak. “Dengan mendengar dongeng, anak-anak akan mengembangkan imajinasinya dengan bebas, sesuatu yang tidak bisa mereka peroleh jika menonton sinetron di televisi. Kami merasa, anak-anak harus dibiarkan membangun imajinasinya sendiri sehingga kelak ketika dewasa mereka menjadi lebih kreatif,” jelasnya.

Aktor teater yang pernah tampil di iven internasional Sail Komodo 2013 ini juga menambahkan, dengan kegiatan ini anak-anak diharapkan akan belajar teknik public speaking. “Saya yakin, suatu saat nanti mereka akan mampu tampil di depan umum tanpa diserang rasa gugup,” tambah Erick.

Baca juga: LG Corner Jadi Tempat Kegiatan Kreatif

Dongeng untuk PPA Katedral

Selama setahun ini, para peserta kegiatan “Sore Cerita – Dongeng” untuk Anak telah banyak mendengar dan merekam dongeng-dongeng yang sudah diceritakan dalam ingatan mereka. Hal tersebut terbukti dengan kemampuan mereka menceritakan kembali ringkasan dongeng-dongeng tersebut pada games yang dilaksanakan dalam perayaan ulang tahun kemarin. Mereka berharap, kegiatan ini terus dilaksanakan serta ditambah dengan pola yang lebih interaktif.

Menanggapi hal tersebut, Armin Bell mengatakan bahwa di tahun 2016 ini beberapa rencana telah disusun oleh Komunitas Teater Saeh Go Lino. “Ada beberapa pengembangan tahun ini, misalnya dalam setiap pertemuan bukan hanya Erick yang menjadi pendongeng, tetapi seorang anak juga akan tampil membawakan dongeng singkat. Selain itu para peserta akan diminta untuk riset tentang dongeng atau legenda lokal. Jika banyak terkumpul, bukan tidak mungkin akan dibukukan,” papar Armin.

Niat baik itu mendapat dukungan dari Pembina PPA Katedral Ruteng Kosmas Karjiin. Menurutnya, apa pun yang direncanakan sepanjang itu bertujuan baik untuk anak-anak maka dirinya akan mendukung. “Yang bisa kami buat adalah mengumpulkan anak-anak sebulan sekali untuk kegiatan dongeng. Ini adalah satu kegiatan kreatif selain kegiatan rutin PPA yang lain sebagai pelayan altar,” tutur Kosmas yang juga berterima kasih kepada Paroki Katedral Ruteng yang telah menyediakan ruang yang baik seperti LG Corner Ruteng tempat berlangsungnya berbagai kegiatan kreatif dan pembinaan terhadap kaum muda dan anak-anak.

Baca juga: LG Corner Ruteng Hadirkan Suasana Baru

DPP Katedral Ruteng sebelumnya telah membangun gedung khusus untuk pertemuan, diskusi dan aneka kegiatan lain yakni LG Corner Ruteng. Di sana terdapat taman baca, akses internet murah, kuliner dan toko buku. LG Corner terbuka untuk umum dan dapat juga digunakan untuk kegiatan khusus atas pengetahuan pengelola. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *