DPP Evaluasi Pelayanan Kesehatan Lansia

Seksi Pastoral Keluarga DPP Katedral Ruteng telah melaksanakan tiga kali kegiatan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk lansia di tiga lokasi berbeda. Hari Minggu (2/10) kemarin, kegiatan tersebut dievaluasi sebelum dilaksanakan lagi di wilayah lainnya.

DPP Evaluasi Pelayanan Kesehatan Lansia

Pelayanan Kesehatan Lansia di Katedral Ruteng | Foto: Dok DPP

Hadir dalam rapat evaluasi tersebut yakni Ketua Seksi Pastoral Keluarga DPP Katedral Ruteng M. Paulus Hasiman, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai dr. Yulianus Weng, Pastor Kapelan Katedral Ruteng Rm. Beben Gaguk, Pr, dokter dan perawat serta para suster yang selama ini melayani komuni kepada para lansia.

Seperti diketahui, pada rencana awal kegiatan pelayanan kesehatan ini ditujukan bagi para lansia yang selama ini terdata sebagai penerima komuni di rumah. Namun dalam pelaksanaannya, ada juga lansia yang belum terdaftar sebagai penerima komuni di rumah yang juga diperiksa. Dalam rapat evaluasi tersebut, tenaga medis yang selama ini ikut melakukan pelayanan mengusulkan agar pendataan para lansia yang akan diperiksa benar-benar dilakukan secara baik sehingga kegiatan pelayanan menjadi tepat sasaran.

Salah satu langkah perbaikan yang akan diambil adalah membagi jadwal para dokter yang disesuaikan dengan jumlah para lansia. “Sehingga tidak semua dokter harus selalu hadir. Kita akan sesuaikan dengan membuat jadwal,” kata dr. Yulianus Weng yang menjadi koordinator dalam kegiatan ini. Karenanya di hari-hari selanjutnya, sekretariat paroki diminta untuk melakukan hal-hal berikut: 1). Membuat surat kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai dengan lampiran dafar nama para lansia serta permintaan kebutuhan obat-obatan, dan 2). Membuat surat kepada Ketua wilayah dan KBG serta Komunitas¬†Biara Pembagi Komuni tentang rincian kegiatan serta lampiran daftar nama para lansia.

Ketua Seksi Pastoral Keluarga M. Paulus Hasiman mengatakan evaluasi ini dilaksanakan agar kegiatan selanjutnya menjadi lebih baik. “Tadi setelah evaluasi kita sepakat dengan usulan perbaikan dari tim kesehatan. Semoga kali berikut menjadi lebih baik dan kelompok yang dilayani lebih tepat sasaran. Selama ini memang banyak yang bukan lansia ikut diperiksa, mungkin karena informasi yang diberikan kurang jelas. Tanggal 9 November akan langsung kita perbaiki,” terang Paul yang menambahkan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan lansia yang keempat akan dilaksanakan di wilayah XII Waso.¬†(adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *