DPP Gelar Pemeriksaan Gratis di Nekang

Seksi Pastoral Keluarga DPP Katedral Ruteng, hari Minggu (7/9) melaksanakan kegiatan pelayanan bersama Ikatan Dokter Indonesia IDI Cabang Manggarai dan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai. Kegiatan tersebut berlangsung di Mbaru Gendang Nekang.

DPP Gelar Pemeriksaan Gratis di Nekang

Pemeriksaan Kesehatan di Nekang | Foto: Dok DPP

Mulai jam 10.00 Wita, para dokter yang tinggal di wilayah Paroki Katedral Ruteng yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia melayani pemeriksaan kesehatan gratis kepada umat yang sebelumnya telah mendaftarkan diri melalui pengurus KBG. Sebelumnya, umat yang sebagian besar para lansia tersebut mengikuti ibadat bersama komunitas biara Hamba-hamba Ekaristi dan SDV Sisters.

Ketua Seksi Pastoral Keluarga M. Paulus Hasiman mengatakan, kegiatan tersebut adalah salah satu bentuk perhatian paroki kepada umat yang sakit terutama para lansia. “Kegiatan itu memang adalah program kerja DPP Katedral Ruteng dan untuk kali pertama ini kita melayani umat di KBG Nekang 2, Nekang 1 A dan Nekang 1 B dan semuanya Wilayah 4,” tuturnya. Menurut Paul, ada sembilan orang dokter yang melayani mereka yakni lima orang dokter umum dan empat orang dokter gigi. “Yang kita ajak adalah para dokter yang tinggal di wilayah Katedral Ruteng,” tambahnya.

Sementara itu, dr. Yulianus Weng, M.Kes yang menjadi koordinator pada kegiatan itu menjelaskan bahwa pihaknya bersyukur karena diajak untuk ambil bagian dalam melayani umat Katedral. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai ini menuturkan, di waktu-waktu mendatang pihaknya akan terlibat lagi pada kegiatan serupa dengan beberapa evaluasi sehingga pelaksanaannya menjadi lebih tertata dengan baik. “Ini kegiatan yang baik. Kali berikut seharusnya bisa lebih baik lagi, misalnya umat yang akan diperiksa semuanya berkumpul di satu lokasi sehingga tidak harus melakukan kunjungan rumah seperti pada beberapa pasien hari ini,” paparnya.

Semula, hanya ada 28 umat yang terdaftar sebagai sasaran pemeriksaan namun jumlahnya bertambah saat pelaksanaannya. “Hari ini, ada 84 umat yang berhasil dilayani. Lebih banyak dari jumlah yang sebelumnya mendaftar,” jelas Shinta Aldina, Sekretaris Paroki Katedral Ruteng. Menurut Shinta, secara keseluruhan kegiatan berlangsung dengan baik. “Paroki berterima kasih kepada para dokter yang telah merelakan waktu liburnya untuk melayani umat melakukan pemeriksaan gratis, juga kepada IDI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai,” ungkap Shinta. Kegiatan serupa akan dilaksanakan lagi di wilayah lainnya di Paroki Katedral Ruteng setelah evaluasi atas kegiatan pertama dilaksanakan. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *