DPP Katedral Akan Terus Galang Partisipasi Umat

Hasil kunjungan DPP ke KUB

Sejak bulan Agustus sampai September 2012, Dewan Pastoral Paroki Katedral Ruteng melakukan kunjungan resmi ke tiga belas wilayah yang ada di Paroki St. Maria Assumpta – St. Yosef Katedral Ruteng. Rangkaian kunjungan tersebut dilakukan selain bertujuan menyampaikan informasi-informasi penting seputar kegiatan paroki, juga dilakukan untuk menjaring komentar dan pendapat umat tentang perkembangan kehidupan menggereja.

Sekretariat Paroki Katedral Ruteng

Kesibukan di sekretariat Paroki, melayani sambil berdiskusi (foto: Dok. DPP)

Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengungkapkan, banyak hal yang muncul dalam diskusi di setiap wilayah. “Dari diskusi yang kita laksanakan sebagian besar informasi yang kami tampung adalah tentang partisipasi umat yang belum memenuhi harapan, terutama dalam keterlibatan umat pada kegiatan bersama,” tuturnya. Padahal menurut Ketua DPP, tanpa keterlibatan umat maka seluruh kegiatan yang direncanakan oleh paroki akan sulit tercapai, termasuk rencana pembangunan aula paroki.

Kondisi ini menyadarkan pengurus DPP mulai dari tingkat KUB sampai paroki untuk saling meneguhkan dan menguatkan serta mendorong umat untuk benar-benar menghayati hidup dan kehidupannya untuk selalu dan senantiasa berpartisipasi aktif dalam hidup bersama sebagai satu persatuan Gerejani. “Diskusi akan terus kita bangun baik formal maupun informal untuk menemukan solusi terbaik untuk menggalang serta meningkatkan partisipasi umat Katedral dalam setiap kegiatan,” tutur Erlan Yusran.

Sementara itu, langkah praktis lain yang akan ditempuh adalah senantiasa menyampaikan perkembangan serta informasi parokial melalui mimbar gereja, buletin, blog dan facebook paroki. Harapannya, dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, umat akhirnya tergerak untuk peduli dan semakin terlibat. “DPP berharap agar setelah kunjungan resmi yang sudah kami lakukan, kita semua sadar bahwa paroki ini akan menjadi semakin luar biasa jika seluruh umat terlibat dan menunjukkan kepeduliannya,” kata Ketua DPP yang berjanji akan terus galang partisipasi umat dengan pelbagai metode pendekatan. (bell)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *