Fasilitas di LG Corner Ruteng

Sejak pertama kali diluncurkan tanggal 1 Desember 2013, LG Corner telah menjadi salah satu tempat menarik untuk dikunjungi di Ruteng.  Fasilitas-fasilitas yang disediakan menjadi alasan meningkatnya jumlah kunjungan.

Fasilitas di LG Corner Ruteng

Pengunjung Taman Baca LG Corner Ruteng | Foto: Kaka Ited

Berikut beberapa fasilitas di LG Corner Paroki Katedral Ruteng:

Toko Buku Gratia: Demikian nama unit usaha ini yang telah menjadi salah satu unit kerja resmi DPP Katedral Ruteng sejak lama. Sebelumnya, toko buku ini menempati salah satu ruangan di pastoran Katedral Lama. Toko buku ini menjual berbagai buku bacaan rohani, novel, buku-buku psikologi dan buku-buku para penulis asal Manggarai. Selain itu, sejak berdirinya Toko Buku Gratia juga menjual pernak-pernik rohani Katolik, seperti Rosario, patung, dan lain-lain.

Taman Bacaan: Taman Bacaan LG Corner menyediakan lebih dari 1.500 judul buku. Berdasarkan data yang terekam di buku pengunjung, sampai saat ini sudah mendapatkan lebih dari tiga ribu kunjungan. Sebagian besar adalah para pelajar dari tingkat SD sampai SMA. Buku-buku yang tersedia cukup lengkap, mulai dari novel angkatan Balai Pustaka sampai novel-novel terkini, ratusan judul komik, buku-buku psikologi pop dan remaja, jurnal, buku bacaan anak-anak, buku sumber untuk pelajar dan mahasiswa, filsafat dan rohani serta majalah. Konsep taman baca ini adalah taman baca lesehan. Disediakan karpet untuk para pengunjung. Waktu kunjungan dimulai jam 08.00 – 22.00 Wita.

Hot Spot Area: Tidak banyak tempat di Ruteng yang menjadi Hot Spot Area atau penyedia fasilitas internet Wi-Fi. LG Corner menjadi salah satu di antara sedikit tempat yang menyiapkan jasa ini. Para pengguna jasa hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000,- untuk sekali akses. Sejak diluncurkan, fasilitas ini tampak sangat diminati. Kemudahan akses dan koneksi yang cepat menjadi penambah daya tarik. Para pengunjung hanya perlu membawa perangkat seperti smartphone dan laptop yang bisa tersambung ke jaringan Wi-Fi, selanjutnya oleh operator akan diberikan kata sandi untuk bisa memulai koneksi. Pengelola juga menyediakan meja dan karpet untuk para pelanggan.

Kios Sembako Murah: Salah satu fasilitas baru yang ada di LG Corner adalah kios sembako murah. Kios sembako ini bekerja sama dengan distributor besar, sehingga harga jualnya menjadi lebih murah. Tersedia aneka kebutuhan rumah tangga seperti minyak goreng, terigu, mie instan, telur, mentega dan lain-lain dengan harga bersaing.

Stand Kuliner: Para pengunjung LG Corner dapat lebih lama menikmati suasana santai dan nyaman di tempat ini karena telah tersedia beberapa stand kuliner. Para pedagang kuliner menyiapkan nasi goreng, nasi kuning bakso, pisang goreng, kue-kue dan minuman seperti kopi dan teh.

Ruang Diskusi: Konsep ruang terbuka yang dirancang oleh DPP Katedral Ruteng, memungkinkan gedung tersebut menjadi ruang diskusi. Kelompok manapun dapat menggunakan LG Corner sebagai tempat diskusi. Sejak pertama kali dibuka, adalah Klub Buku Petra yang pernah memanfaatkan fasilitas ini untuk diskusi buku. Selain itu, tempat yang sama juga bisa dipakai untuk aneka kegiatan kesenian dalam skala kecil, seperti malam sastra, pentas akustik, apresiasi teater dan lain-lain. Pengelola juga merancang jadwal reguler untuk aneka kegiatan.

Fotocopy: Beberapa sekolah dan unit usaha yang ada di sekitar kawasan Katedral Ruteng, akan mendapatkan kemudahan pelayanan untuk kebutuhan fotocopy bahan pelajaran atau dokumen lainnya. Pengelola menyiapkan mesin fotocopy dengan kecepatan 35 lembar per menit.

LG Corner dirancang untuk kepentingan dan kemajuan bersama. Karenanya, pola pengelolaan pada beberapa fasilitas di LG Corner juga dilakukan bersama. Untuk taman baca misalnya, semua pihak diharapkan untuk ikut terlibat menyumbang buku, seperti yang telah dilakukan oleh beberapa kelompok dan pribadi sebelumnya: Komunitas Seni Le Gejur Ruteng, Petra Book Club Ruteng, Rm. Andy Latu Batara, Keluarga Erlan Yusran, dr. Ronald Susilo, Rm. Edy Menori, Rm. Martin Jenarut, Rm. Hermen Sanusi, Rm. Beben Gaguk dan pihak lainnya. Selain menyumbang buku, kita juga diharapkan untuk bersama menjaga kenyamanan dan kebersihan LG Corner. Para pengunjung diharapkan ikut menata kembali buku yang telah dibaca, serta menjaganya agar tidak hilang. Dengan demikian, maka keberlangsungan fasilitas ini akan terjamin sehingga cita-cita mulianya akan terwujud. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

3 gagasan untuk “Fasilitas di LG Corner Ruteng

  1. Thanks buat Pendiri LG Corner ϑϊ Ruteng mudah dengan ª∂a̲̅nya fasilitas ini dpt membantu masyarakat kota Ruteng khususnya para muda/mudi atau Para Pelajar Semakin Maju,,,
    Ruteng Jaya selalu,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *