Gedung Baru Toko Buku Gratiae Sedang Dibangun

Toko Buku Gratiae adalah salah satu unit kerja di Paroki Katedral Ruteng dan berada di bawah naungan Dewan Pastoral Paroki Katedral Ruteng. Toko buku ini berdiri sejak pertengahan 90-an dan menjual buku-buku rohani, psikologi, sastra, sejarah, buku-buku karya penulis asal Manggarai dan berbagai peralatan atau kebutuhan rohani seperti rosario, skapulir, kalender liturgi dan lain-lain. Selama ini, toko buku tersebut menempati salah satu ruangan di pastoran Katedral lama (samping SDK Ruteng III).

Gedung Baru Toko Buku Gratiae Dibangun

Adak Hese Ngando untuk bangunan baru TB Gratiae | Foto: Magistman

Pada tahun 2013 ini, lokasi toko buku akan segera berpindah ke pelataran Gereja Katedral Sta. Maria Assumpta Ruteng. Keputusan tersebut diambil, menyusul keputusan Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng mengalihfungsikan ruangan yang dipakai oleh TB Gratiae selama ini menjadi kantor Kevikepan Ruteng.

Karenanya, saat ini DPP membangun satu bangunan khusus di pelataran Katedral Ruteng (sebelah barat) yang nantinya akan digunakan sebagai toko buku dengan ukuran 10 x 20 meter. “Selain untuk menjual buku dan peralatan rohani seperti sebelumnya, bangunan itu juga akan dipakai untuk menjual sembako, agar umat memiliki tempat alternatif berbelanja kebutuhan pokok mereka,” jelas Ketua DPP Erlan Yusran.

Proses pembangunannya dimulai awal Agustus 2013, dan pada tanggal 12 September kemarin memasuki tahapan pembangunan rangka atap. Tahapan ini ditandai oleh upacara ‘Adak Hese Ngando‘, sebuah tahapan pembangunan dalam kerangka budaya Manggarai. Kegiatan tersebut dipimpin oleh tokoh adat Belasius Lera dari Waso dan diikuti oleh para tukang serta seluruh karyawan di Katedral Ruteng. Selanjutnya, para tukang akan berusaha menyelesaikan seluruh pekerjaan ini, sehingga toko buku Gratiae dapat segera dipindahkan. (bell)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *