Gerakan Seribu Rupiah Disalurkan

Gerakan Seribu Rupiah GESER Paroki Katedral Ruteng, kembali disalurkan pada bulan September ini. Hari ini (13/9), tiga keluarga mendapat bantuan yang diserahkan oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng, Rm. Daniel Sulbadri, Pr. Sebelumnya pada bulan Agustus silam, satu keluarga di Pitak juga mendapat bantuan ini.

Gerakan Seribu Rupiah Disalurkan

Gerakan Seribu Rupiah Katedral Ruteng

Seperti diketahui, Gerakan Seribu Rupiah atau Geser adalah aksi sosial karitatif di Paroki Katedral Ruteng. Umat Katedral terlibat dalam gerakan ini, dengan memasukkan dana kolekte khusus pada peti-peti kolekte Geser yang ditempatkan di delapan titik di Gereja Katedral Ruteng.

“Sejak penyaluran bulan Mei silam, sampai saat ini ada empat keluarga lagi yang mendapat bantuan Geser sebesar lima ratus ribu rupiah per kepala keluarga,” kata Bendahara DPP Katedral Ruteng Helena M. Palu. Menurutnya, penyalurannya dilakukan pada 25 Agustus silam untuk satu keluarga di KBG Pitak VII atas nama Veronika Bis, sedangkan tiga keluarga lainnya dilakukan pada bulan September ini. “Hari Sabtu ini, penyalurannya langsung untuk tiga keluarga karena jumlah dana yang tersedia sesuai dengan jumlah usulan yang masuk dari para pengurus KBG,” jelasnya. Tiga keluarga yang mendapatkan bantuan pada bulan September ini yakni Maria Fatima Embuk Jemadu di KBG St. Yosef Rangkat, Silvester Lendo di KBG St. Paulus Kedutul dan Adolfus Akur di KBG Watu IV A.

Sekretaris Paroki Katedral Ruteng Shinta Aldina yang ikut hadir pada saat penyerahan bantuan Geser tersebut mengatakan, empat keluarga yang mendapatkan bantuan Geser periode Agustus sampai September ini benar-benar layak mendapatkan uluran kasih umat. “Kita sudah lihat dan dengar persoalan mereka, dan mereka memang layak (dibantu, red). Ada janda, ada tukang dan ada yang baru mendapat musibah besar yang mengganggu ekonomi keluarga” tutur Shinta yang juga menambahkan bahwa keterangan tentang kondisi ekonomi penerima bantuan didapatkan dari pengurus KBG dan penelusuran oleh DPP.

Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengatakan, penyaluran bantuan dari aksi bersama Gerakan Seribu Rupiah atau Geser ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan. “Pertama berdasarkan usulan dari pengurus KBG, selanjutnya DPP akan melakukan verifikasi sesuai keadaan keuangan Geser dan kondisi riil calon penerima. Ini bantuan langsung dan kita berharap penerima menggunakannya dengan bijak,” tuturnya. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *