Gerakan Seribu Rupiah Tahap Pertama Disalurkan

Gerakan Seribu Rupiah atau GESER yang digagas oleh Dewan Pastoral Paroki DPP Katedral Ruteng, kini memasuki bulan ke tiga. Gerakan Seribu Rupiah adalah aksi sosial karitatif di Katedral Ruteng, berupa pengumpulan dana dari umat melalui peti khusus kolekte Geser yang diletakkan di Gereja Katedral Ruteng dan bertujuan sebagai bantuan langsung bagi keluarga-keluarga yang sangat membutuhkan.

Gerakan Seribu Rupiah Tahap Pertama Disalurkan

Gerakan Seribu Rupiah Katedral Ruteng

Gerakan ini telah dimulai secara resmi pada tanggal 10 Maret 2013. DPP Katedral Ruteng menyiapkan delapan peti Geser, tempat umat yang berkendak baik menitipkan sumbangan kasihnya untuk disalurkan. Sebelumnya sosialisasi tentang gerakan tersebut disebarkan melalui mimbar gereja dan warta mingguan Kreba. Berdasarkan keterangan dari Bendahara DPP Katedral Ruteng Helena M. Palu, sampai dengan 5 Mei 2013 sudah terkumpul dana sebesar Rp. 1.203.000,-.

Dari jumlah tersebut, DPP Katedral Ruteng telah menyalurkan bantuan tahap pertama pada tanggal 4 Mei 2013 kepada dua keluarga, masing-masing di kelompok Sta. Maria Fatima Waso, Wilayah XI dan Sta. Theresia Kedutul, Wilayah V. Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengungkapkan penentuan keluarga yang menerima bantuan ini dilakukan berdasarkan masukan dari ketua kelompok dan pertimbangan DPP, Pastor Paroki dan Pastor Kapelan. “Mekanismenya, ketua kelompok memasukkan nama-nama sasaran lalu diverifikasi di DPP. Hasilnya, untuk periode pertama dua keluarga tadi dan masing-masing mendapatkan lima ratus ribu,” jelasnya.

Erlan Yusran menambahkan, Gerakan Seribu Rupiah ini akan terus digalakkan sehingga semakin banyak keluarga yang boleh mendapatkan bantuan. “Kita akan terus lakukan dengan harapan semakin banyak umat yang terlibat dan memberikan sumbangan kasih melalui peti yang kita siapkan di gereja. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh umat Katedral yang telah berpartisipasi pada Geser ini,” ungkapnya.

Selain Gerakan Seribu Rupiah, Paroki Katedral Ruteng juga sudah dan akan terus melaksanakan berbagai aksi lain dalam kaitan dengan pengembangan ekonomi umat. Salah satunya adalah dengan menyiapkan lahan untuk pertanian organik serta aksi sosial karitatif berupa pengumpulan beras pada setiap perayaan-perayaan besar. DPP juga senantiasa melakukan upaya sosialisasi pentingnya berkoperasi kepada umat. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *