HUT Katedral Ruteng, Karya Roh Kudus

Misa puncak HUT Katedral Ruteng ke-95 dilaksanakan pada hari Minggu, 27 September 2015. Perayaan Ekaristi di Gereja St. Maria Assumpta Katedral Ruteng tersebut dimulai jam 08.00 Wita, dipimpin oleh Vikep Ruteng RD Kanis Ali, didampingi Pastor Paroki Katedral Ruteng RD Daniel Sulbadri, Pastor Kapelan RD Lian Angkur dan Kepala SMPK St. Fransiskus Saverius Ruteng RD Firminus Rusmiadin.

HUT Katedral Ruteng

Misa HUT Katedral Ruteng | Foto: Kaka Ited

Romo Kanis dalam kotbahnya menyampaikan tentang peran dan karya Roh Kudus dalam kehidupan umat manusia. “Roh Kudus berkarya setiap saat dalam seluruh kehidupan kita sebagai pribadi,keluarga atau komunitas,” kata Romo Kanis. Ditambahkannya, usia 95 tahun Paroki Katedral Ruteng saat ini adalah berkat karunia Roh Kudus yang berkarya di hati seluruh umat Paroki Katedral Ruteng.

Selain menyampaikan tentang karya Roh Kudus sepanjang usia Paroki Katedral Ruteng, Vikep juga mengingatkan pentingnya seluruh umat Katedral menyadari bahwa Paroki Katedral Ruteng adalah Paroki sulung di Keusukupan Ruteng. Karena itu seluruh umat diminta untuk bersikap baik dan menjadi teladan bagi umat Katolik Keuskupan Ruteng. Untuk mewujudkan hal tersebut, Romo Kanis meminta umat membiarkan Roh Kudus berkarya dalam hati masing-masing. “Kalau kita bersukacita, selalu tersenyum, menebar kebaikan, maka dapat dipastikan Roh Kudus berkarya. Agar hal itu dapat terwujud maka pada saat-saat tertentu kita harus masuk dalam keheningan dan mendengar suara Roh,” tuturnya.

Hari ulang tahun Paroki Katedral Ruteng sebenarnya diperingati setiap tanggal 23 September. Tanggal tersebut diputuskan melalui SK Uskup Ruteng sebagai peringatan peristiwa ditetapkannya Ruteng sebagai stasi induk karya misi untuk Wilayah Manggarai Tengah. Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng pada tahun 2011 silam menetapkan keputusan tersebut melalui SK nomor: 311/III/1/2011. Tahun ini, perayaan puncaknya baru dilaksanakan pada tanggal 27 September karena pertimbangan penyelenggaraan kegiatan di paroki.

Baca juga: September ini, Katedral Ruteng 95 Tahun

Aneka Kegiatan HUT Katedral Ruteng

Ketua panitia HUT Katedral Ruteng ke-95 yang juga Wakil Ketua DPP Katedral Ruteng rumpun Pembinaan, Simon Manggu menjelaskan, tahun ini kegiatan-kegiatan memeriahkan HUT Paroki Katedral dilaksanakan selama 12 hari. “Kita mulai kegiatannya tanggal 13 sampai tanggal 25 September sehingga puncaknya baru dapat dilaksanakan tanggal 27 September. Kami berterimakasih kepada seluruh pihak, mulai dari panitia, donatur dan tentu saja pengurus wilayah dan KBG se-Katedral Ruteng yang telah terlibat dalam berbagai kegiatan,” kata Simon Manggu saat menyampaikan sambutan saat Misa Puncak.

Ada pun kegiatan-kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Katedral Ruteng ke-95 di antaranya: pertandingan volly putra-putri, tarik tambang putra-putri, catur dan aneka lomba serta permainan sekami. Selain itu, juga dilaksanakan pelayanan kesehatan bagi lansia. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

2 gagasan untuk “HUT Katedral Ruteng, Karya Roh Kudus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *