Ibadat Ekologis Uskup Himbau Cintai Lingkungan

Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng meminta umat Katolik menghindari tindakan-tindakan destruktif yang dapat merusak lingkungan seperti penebangan liar, pembakaran hutan dan pertambangan. “Cintai lingkungan,” kata Uskup Ruteng. Hal tersebut disampaikannya dalam Ibadat Ekologis di Golo Lusang Rabu (17/10), di hadapan ribuan umat Katolik Keuskupan Ruteng yang hadir pada kegiatan tersebut. 
Mgr. Hubertus melakukan penanaman pohon Beringin (foto: Dok. DPP)
Mgr. Hubert dalam renungannya mengungkapkan pentingnya hutan bagi kelangsungan kehidupan. “Banyak hutan yang telah gundul dan hal tersebut berpengaruh pada ketersediaan air yang sangat penting bagi kehidupan kita,” jelas Uskup Ruteng. Karenanya, menurut Mgr. Hubert upaya pelestarian lingkungan hidup adalah hal yang wajib dilakukan, seperti yang telah dibuat pada hari ini yakni penanaman 1.600 anakan pohon di Golo Lusang.
Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Manggarai Apri Laturake mengungkapkan apresiasinya atas dukungan Gereja Katolik Manggarai yang begitu besar pada kelestarian hutan. Apri berharap, setelah penanaman kembali 1.600 anakan tersebut, upaya pemeliharaan terus dilakukan. “Kami berharap, reboisasi pada hari ini dilanjutkan dengan upaya pemeliharaan. Kita semua harus terlibat pada langkah positif yang telah ditunjukkan gereja,” ungkapnya. Wakil Bupati Manggarai Dr. Dheno Kamelus, SH. MH. yang juga adalah Ketua Panitia Yubileum mengatakan, apa yang dilakukan saat ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia di masa-masa yang akan datang.
Pelepasan balon dan merpati (foto: Dok. DPP)
Setelah ibadat, kegiatan penghijauan ditandai dengan pelepasan balon oleh Wakil Bupati Manggarai dan burung Merpati oleh Mgr. Hubert. Lebih dari 2.000 orang hadir pada kegiatan tersebut, yakni para imam Keuskupan Ruteng, biarawan-biarawati, para mahasiswa, siswa-siswi SD sampai SMA, para PNS di lingkup Setda Kabupaten Manggarai, PRAMUKA, serta umat dari berbagai paroki di wilayah kota Ruteng.  (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *