Jadwal Lomba Baca dan Quiz Kitab Suci di Katedral

Dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2013, Paroki Katedral Ruteng menggelar kegiatan Lomba Baca dan Quiz Suci. Pertemuan teknis untuk kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 22 September 2013 kemarin di Aula Assumpta Ruteng. Hadir pada pertemuan yang dipimpin oleh Rm. Beben Gaguk, Pr tersebut adalah para guru dan calon peserta lomba.

Jadwal Lomba Baca dan Quiz Kitab Suci di Katedral

Teks Lomba Baca Kitab Suci di Katedral Ruteng

Peserta Lomba

Kegiatan Lomba Baca dan Quiz Kitab Suci di Katedral Ruteng pada tahun ini diikuti oleh para pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK di wilayah Paroki Katedral Ruteng. Dalam pertemuan itu disepakati, lomba baca Kitab Suci akan dilaksanakan pada hari Kamis, 26 September 2013 di Aula Assumpta mulai pukul 15.00 WITA. Tiga orang juri akan menilai kemampuan para pelajar ini menjadi lektor atau pembaca kitab suci dalam bahasa Manggarai, yakni Rm. Hermen Sanusi, Pr, P. Vitalis Hiburdin, SVD dan Bapak Onesimus Jaman.

Kategori Lomba

Tentang Lomba Baca Kitab Suci, tahun ini berbeda dengan pelaksanaan periode sebelumnya yang menggunakan teks berbahasa Indonesia. “Tahun ini naskahnya dalam bahasa Manggarai. Semangatnya adalah inkulturasi Gereja Katolik dengan kebudayaan Manggarai. Gereja lokal juga sudah menetapkan minggu ke tiga sebagai minggu inkulturasi, sehingga diharapkan para peserta lomba juga bisa menjadi lektor pada misa inkulturasi pada kesempatan selanjutnya,” jelas Romo Beben. Sementara itu, Quiz Kitab Suci akan dilaksanakan sehari setelahnya (27/9). Dengan demikian semua mata lomba dilaksanakan masing-masing satu hari, tetapi penilaiannya tetap berdasarkan kategori tingkat pendidikan.

Dua kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan dalam rangka BKSN 2013 di Paroki Katedral Ruteng selain katekese umat yang sedang dilaksanakan di setiap KUB. “Harapannya, dengan berbagai kegiatan ini, umat Paroki Katedral Ruteng semakin dekat dengan Kitab Suci, sesuai dengan tema BKSN tahun ini yakni Keluarga yang Bersekutu dalam Sabda,” kata Romo Beben. Ditambahkannya, para peserta lomba yang terpilih sebagai pemenang pada lomba baca dan quiz Kitab Suci di Katedral Ruteng, nantinya akan diminta untuk membantu melayani sebagai petugas liturgi pada perayaan misa di Gereja Katedral Ruteng atau di kelompok doa masing-masing. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *