Juli ini, Gerakan Seribu Rupiah untuk Umat di Nekang

Gerakan Seribu Rupiah di Paroki Katedral Ruteng yang dikenal dengan sebutan GESER, kembali disalurkan kepada keluarga yang membutuhkan. Dengan demikian, sampai saat ini sudah ada empat keluarga yang menerima bantuan tersebut, setelah sebelumnya untuk umat di Kedutul dan Waso pada tahap pertama dan umat di Rangkat pada tahap kedua. Setiap keluarga mendapatkan dana sebesar Rp. 500.000,-.

Juli ini, Gerakan Seribu Rupiah untuk Umat di Nekang

Penerima Gerakan Seribu Rupiah menandatangani kuitansi | Foto: Dok DPP

Kali ini yang mendapatkan bantuan dari aksi kolekte gerakan seribu rupiah Umat Katedral Ruteng adalah keluarga Bapak Gaspar Mabut di Kelompok Virgo Fidelis Nekang I A, Wilayah IV. Penentuan penerima bantuan GESER periode Juli 2013 ini dilakukan setelah mempertimbangkan usulan dari Ketua Kelompok Virgo Fidelis, Donatus Jenakur. Dalam surat usulannya kepada DPP, diinformasikan bahwa keluarga sasaran benar-benar layak dibantu dengan alasan rumahnya rusak akibat bencana alam dan sampai saat ini belum bisa diperbaiki karena alasan ekonomi. “Bagian dinding rumah yang rusak masih ditutup dengan terpal, karena belum mampu diperbaiki akibat kesulitan ekonomi,” demikian surat keterangan kelompok.

DPP Katedral melalui seksi Pengembangan Sosial Ekonomi, kemudian menyetujui usulan tersebut dan langsung menyerahkan bantuan pada tanggal 8 Juli 2013 dari kolekte Geser. Penyerahan dilakukan di rumah keluarga penerima, oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng Rm. Daniel Sulbadri, Pr bersama Ketua Seksi PSE Katedral Ruteng Felix Manggur. Pada saat penyerahan bantuan tersebut, istri Bapak Gaspar sedang dirawat di rumah sakit karena tumor rahim atau kista. DPP Katedral Ruteng berharap, sumbangan kasih Umat Katedral tersebut benar-benar bermanfaat dan bisa membantu meringankan beban keluarga sasaran.

Berdasarkan keterangan dari Bendahara Paroki Helena M. Palu, sampai pertengahan Juli 2013, total dana GESER yang terkumpul sebesar Rp. 2.064.000,-. Setelah disalurkan kepada empat keluarga, maka dana yang tersisa sebagai saldo adalah Rp. 64.000,- dan akan digabungkan dengan hasil kolekte GESER selanjutnya sebelum diserahkan lagi kepada keluarga yang membutuhkan. Gerakan Seribu Rupiah atau GESER adalah aksi sosial karitatif yang sejak semula ditujukan sebagai bantuan langsung. “Ini adalah bantuan langsung dan tidak dimaksudkan sebagai dana pengembangan usaha. Sebagai bantuan langsung, kita berharap Paroki Katedral mengambil peran pada situasi sulit yang dialami umat. Sedangkan untuk pengembangan ekonomi umat, akan kita pikirkan langkah lain,” jelas Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran pada sebuah kesempatan. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *