Katedral Ruteng Siapkan Data Umat Berbasis IT

Bulan Agustus ini, sejumlah relawan di Paroki Katedral Ruteng mendatangi umat Paroki untuk melakukan pemutakhiran data umat. Para relawan telah dibekali dengan formulir yang disiapkan oleh sekretariat, yang nanti akan diisi secara lengkap. Data yang dikumpulkan para relawan tersebut nantinya dimasukkan dalam sistem pendataan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Katedral Ruteng siapkan data umat berbasis IT

Salah satu tampilan Program Database Umat Katolik

Software program ini dikenal dengan nama Database Umat Katolik, dikembangkan oleh programmer Stefanus Erwin dan telah dipakai oleh beberapa paroki di seluruh Indonesia. Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran menjelaskan penggunaan teknologi informasi dalam mendata umat sengaja dipakai untuk kemudahan administrasi, serta keselamatan data. “Paroki Katedral Ruteng siapkan data umat berbasis IT (information technologyred) agar ke depan, sistem pendataan kita menjadi lebih rapi. Selain itu juga memudahkan update atau pemutakhiran data umat di wilayah Paroki Katedral,” jelas Erlan Yusran.

Program Database Umat Katolik ini mencakup, data kelompok, data wilayah, kartu keluarga, surat baptis dan berbagai keperluan administrasi lainnya termasuk jika nanti ada umat yang pindah tempat tinggal. Data yang dikumpulkan oleh tenaga relawan saat ini akan dipakai untuk melengkapi data yang telah ada dari ketua-ketua KUB.

Kepala Sekretariat DPP Katedral Ruteng Markus Turut menjelaskan data tersebut nantinya akan di-entry oleh petugas sekretariat dan selanjutnya dipakai sebagai database resmi. “Saat ini kita sudah mulai entry data yang sudah ada dan kalau para relawan sudah selesai maka akan dilanjutkan pengentriannya. Jika lancar, targetnya tahun ini kita sudah punya data umat terbaru dalam bentuk database komputer” jelasnya.

Software Database Umat Katolik yang akan dipakai di Katedral Ruteng juga memudahkan penelusuran data umat sehingga memudahkan umat dalam pengurusan surat-surat yang terkait dengan kepentingan Gereja. Sementara itu, para relawan berharap agar umat yang didatangi bisa bekerjasama dengan baik sehingga memudahkan pengumpulan data. Umat juga diharapkan menyiapkan hal-hal yang penting berkaitan dengan pemutakhiran data ini seperti nomor baptis, tanggal krisma, waktu pernikahan dan lain-lain. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

8 gagasan untuk “Katedral Ruteng Siapkan Data Umat Berbasis IT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *