Kategorial Anak Lakukan Kegiatan Bersama

Kelompok kategorial anak dan remaja di Paroki Katedral Ruteng, hari Minggu (28/6) kemarin melaksanakan kegiatan bersama. Ada tiga kelompok yang mengikuti kegiatan bersama tersebut, yakni Sekami Lumen Gratiae, Putra-putri Altar (PPA) Lumen Gratiae dan THS/THM ranting Katedral Ruteng.

Kategorial Anak

Sekami Katedral Ruteng : Foto: Kaka Ited

Kegiatan bersama tersebut bertujuan menjalin keakraban antaranggota kelompok kategorial serta membuka peluang kepada anggota masing-masing kelompok untuk bergabung tidak hanya satu kelompok kategorial saja. Pembina Sekami Wihelmina Mitang di awal pertemuan tersebut mengatakan bahwa semua anak dan remaja di Paroki Katedral Ruteng sebenarnya adalah bagian dari kelompok Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner atau Sekami. “Di dalam sekami itu anggotanya ada anak-anak dan remaja. Tetapi karena ada juga anak dan remaja yang bergabung di kelompok kategorial lain maka kegiatan bersama dilaksanakan sebulan sekali,” jelasnya.

Hasil Pertemuan dengan DPP

Sebelumnya, dalam pertemuan DPP Katedral Ruteng dengan perwakilan kelompok kategorial disepakati tentang pentingnya menjalin keakraban di antara anak-anak dan remaja yang aktif dalam kegiatan parokial. Ketua DPP Katedral Ruteng, Erlan Yusran mengatakan pertemuan bersama itu penting agar setiap anggota sadar bahwa mereka berada di dalam satu rumah yang sama yakni Paroki Katedral tetapi pada kamar-kamar yang berbeda yakni kelompok-kelompok kategorial. “Sebagai penghuni rumah yang sama, setiap orang dari kamar-kamar tersebut harus akrab, sehingga jika ada kegiatan bersama di luar paroki, kelompok usia ini akan semakin kuat,” tutur Ketua DPP.

Sementara itu dalam kesempatan pertemuan bersama hari Minggu kemarin, Pembina PPA Lumen Gratiae Kosmas Karjiin dan Pengurus THS/THM ranting Katedral Ruteng Hendro Nakar juga diberi kesempatan untuk menjelaskan kepada semua peserta tentang kegiatan reguler mereka di dua kelompok kategorial tersebut. Kosmas Karjiin menjelaskan bahwa PPA selama ini selain bertugas sebagai pelayan altar, juga terlibat dalam beberapa kegiatan rutin. “Minggu pertama kita ada kegiatan Dongeng untuk Anak bersama Komunitas Teater Saeh Go Lino, minggu kedua pendalaman Kitab Suci, dan minggu keempat pertemuan bersama seperti ini,” kata Kosmas.

Baca juga: PPA Nikmati Dongeng di LG Corner

Hendro Nakar juga menyampaikan agenda rutin THS/THM Katedral Ruteng, yakni latihan rutin pada setiap hari Rabu, Sabtu dan Minggu serta meditasi dan syering pada setiap minggu keempat. “Minggu keempat pagi anggota kita akan ikut kegiatan bersama ini, sedangkan sore harinya ada syering,” jelas Hendro.

Secara keseluruhan, kegiatan bersama yang dilaksanakan pertama kali hari Minggu(28/6) tersebut berlangsung baik dan sesuai rencana. “Ke depan kita akan pikirkan dengan baik format dan agenda kegiatan bersama kelompok kategorial anak ini  sehingga anak-anak tidak jenuh,” kata Kosmas Karjiin. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *