Kategorial Katedral Meriahkan Sinode III

Kelompok kategorial dari Paroki Katedral Ruteng turut memeriahkan kegiatan pentas seni pada pekan puncak Sinode III Keuskupan Ruteng. Kegiatan pentas seni tersebut dilaksanakan di pelataran parkir Katedral Ruteng, mulai Senin, 13 Juli sampai Jumat, 17 Juli 2015. Selain kelompok kategorial, umat paroki Katedral Ruteng yang diwakili anak-anak dari KBG dan Wilayah (IX dan XIV) juga ikut mengisi panggung pentas seni.

Kategorial Katedral

Tari “Saeh Go Lino Ge” di Pentas Seni Pekan Puncak Sinode III | Foto: Kaka Ited

Adapun kelompok kategorial yang mengisi panggung pentas seni dan mempertontonkan hasil kerja kreatif mereka adalah: OMK Lumen Gratiae, bekerja sama dengan Komunitas Teater Saeh Go Lino menampilkan dua tarian teatrikal masing-masing berjudul “Labar Cama” dan “Saeh Go Lino Ge”. Selain OMK, kelompok Putra-Putri Altar PPA Lumen Gratiae juga tampil mempersembahkan tarian “Rangkuk Alu”, sedangkan THS/THM ranting Katedral Ruteng mempersembahkan atraksi bela diri dengan bekal meditasi.

Seperti diketahui, mulai Senin – Jumat, 17 Juli 2015, pelataran parkir Katedral Ruteng dipakai sebagai tempat pelaksanaan dua kegiatan dalam rangkaian pekan puncak Sinode III Keuskupan Ruteng. Pertamasebagai lokasi pameran hasil karya parokial, keuskupan, biara dan lembaga pendidikan di Keuskupan Ruteng, serta kuliner dan hasil kreasi umat. Kedua, sebagai tempat penyelenggaraan pentas seni. Khusus untuk kegiatan pentas seni ini, setiap malam berbagai komunitas hadir dan mempertontonkan karya seni mereka kepada ribuan pengunjung. 

Selain kelompok kategorial dan perwakilan umat dari Paroki Katedral Ruteng, pentas seni juga diisi oleh penampilan dari para imam, biarawan dan biarawati yang berkarya di Keuskupan Ruteng, serta berbagai sanggar dan komunitas seni dari berbagai sekolah. Anggota seksi pentas pekan puncak Sinode III Keuskupan Ruteng, Ibu Pina Gere mengatakan cukup banyak sekolah yang tertarik untuk terlibat namun yang berhasil tampil hanya beberapa sekolah saja karena kesulitan koordinasi di beberapa sekolah di masa liburan. “Maka yang tampil itu hanya SMAK St. Fransiskus Saverius, SMA Negeri 1 Langke Rembong, Seminari Pius XII Kisol, SMP Negeri 4 Langke Rembong, SDK Ruteng V dan STKIP St. Paulus Ruteng,” tuturnya.

Pekan puncak Sinode III Keuskupan Ruteng adalah rangkaian akhir dari kegiatan Sinode III Keuskupan Ruteng yang telah dimulai sejak tahun 2013 silam. Dalam rentang waktu tersebut, enam masa sidang dilaksanakan dengan berbagai topik terkait Gereja Katolik Manggarai, Keuskupan Ruteng. Rangkaian sidang tersebut menghasilkan dokumen-dokumen yang akan dipakai sebagai dasar karya pastoral di Keuskupan ini pada tahun-tahun yang akan datang. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *