Kerawam Gelar Temu Caleg dan Dialog Persaudaraan

Komisi Kerasulan Awam KERAWAM Keuskupan Ruteng, hari Jumat, 4 April 2014 kemarin melaksanakan kegiatan temu calon legislatif dan dialog persaudaraan. Ketua Komisi Kerawam Keuskupan Ruteng, Dominicus Waso saat menyampaikan sambutan pembuka menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan sebagai bagian dari kepedulian Gereja Katolik Manggarai pada pesta demokrasi Pemilu Legislatif 9 April mendatang.

Kerawam gelar temu caleg dan dialog persaudaraan

Propinsi Nusa Tenggara Timur

Para caleg yang diundang adalah calon anggota DPR RI dari dapil NTT 1 (Flores, Lembata, Alor) serta calon anggota DPD dari dapil Nusa Tenggara Timur. Dari seluruh caleg pusat asal Dapil NTT yang diundang, sembilan calon anggota DPR RI dan dua calon anggota DPD hadir dalam dialog yang digelar di Aula Assumpta Katedral Ruteng itu, yakni: Johny Plate – Nasdem, Laurens B. Dama – PAN, Anthony B. Dagur – PKPI, Dami Ambur – Hanura, Joanetta Bernadete – Hanura, Eusebia Parera – Hanura, Iwan S. Arifin Manasa – Demokrat, Elvira Selviani – Demokrat, Ali Antonius – Gerindra, Yohanes Mat Ngare – DPD dan Romanus Ndau Lendong – DPD.

Dalam bingkai persaudaraan kegiatan yang dipandu oleh Dr. Fransiska Widyawati dan Armin Bell diawali dengan pemaparan visi misi setiap caleg. Setelahnya, sebelas politisi tersebut diminta untuk menjawab pertanyaan seputar akar masalah dari pelbagai fenomena propinsi NTT ini seperti kemiskinan, tingkat pendidikan rendah, kesehatan, isu lingkungan hidup dan lain-lain dalam dialog perjumpaan komitmen. Masing-masing caleg menjawab berdasarkan pembacaan mereka masing-masing dan menyebutkan beberapa akar masalah misalnya persoalan pendidikan, kesehatan, infrastruktur, mekanisme kontrol serta beberapa hal lain.

Temu caleg dan dialog persaudaraan tersebut juga diwarnai oleh penandatanganan komitmen moral perjuangan oleh caleg dan umat yang diwakili oleh Vikjen Keuskupan Ruteng, Rm. Alfons Segar, Pr dan ditutup dengan penegasan panduan moral Uskup Ruteng tentang Pemilu Legislatif 2014. Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa, pelajar pemilih pemula, tokoh umat dan utusan partai. Juga disiarkan melalui dua radio yakni RSPD Suara Manggarai dan Ntala Gewang FM, mulai jam 08.00 – 12.00 Wita.

Agenda lain yang dilaksanakan oleh Kerawam Keuskupan Ruteng dalam rangka Pemilu Legislatif adalah Misa Perutusan bagi seluruh caleg di wilayah Keuskupan Ruteng pada Minggu, 6 April 2014 di Gereja Katedral Ruteng mulai jam 08.00 Wita. Perayaan misa perutusan itu akan dipimpin oleh Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *