KPPK Katedral Ruteng Diikuti 97 Peserta

Kursus Persiapan Perkawinan Katolik KPPK Katedral Ruteng kembali dilaksanakan. Mulai 25 sampai 26 September 2014, 97 peserta mengikuti kegiatan sebagai persiapan menuju pernikahan Katolik. Ini adalah kali kedua, kegiatan KPPK dilaksanakan di tahun 2014.

KPPK Katedral Ruteng Diikuti 51 Peserta

Yoseph Ngadot sedang memberikan materi KPPK

Seperti diketahui, kegiatan Kursus Persiapan Perkawinan Katolik atau KPPK adalah agenda rutin yang menjadi tanggungjawab Seksi Pastoral Keluarga DPP Katedral Ruteng. Ketua Seksi Pastoral Keluarga, M. Paulus Hasiman mengatakan di Paroki Katedral Ruteng agenda ini dilaksanakan dua kali dalam setahun. “Semua paroki di kota Ruteng melaksanakan agenda ini dua kali dalam setahun. Dan telah disepakati bahwa waktu pelaksanaannya berbeda-beda, sehingga pasangan yang siap menikah tidak kesulitan. Di paroki kita (Katedral, red), yang pertama dilaksanakan pada akhir Februari silam dan yang kedua saat ini,” jelasnya.

Masih menurut Paul Hasiman, tidak banyak yang berubah pada agenda ini. Semua peserta tetap mendapat materi yang sama seperti para peserta pada periode sebelumnya yakni: sakramen tobat dalam keluarga, hukum perkawinan adat Manggarai, hukum dan moral perkawinan katolik, ekonomi, doa dan kitab suci, kesehatan keluarga dan HIV/AIDS, Keluarga Berencana Alami, hukum perkawinan sipil termasuk penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dan perlindungan anak. “Tidak berubah, kecuali bahwa kali ini jumlah peserta lebih banyak dibandingkan Februari lalu yang diikuti 45 peserta,” tambahnya.

Para pemberi materi dalam KPPK Katedral Ruteng periode September ini juga tidak banyak berubah. Tokoh adat Yoseph Ngadot masih menjadi tutor untuk materi hukum perkawinan adat Manggarai. “Sebagian besar masih sama, kecuali untuk materi hukum perkawinan sipil. Kali lalu materi ini dibawakan oleh Bapak Erlan Yusran, kali ini dibawakan oleh Toding Manggasa. Dua-duanya pengacara sehingga juga tidak ada persoalan untuk ini,” kata Paul yang menambahkan bahwa panitia KPPK Katedral Ruteng selalu berusaha menghadirkan pemateri yang benar-benar menguasai bidangnya. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *