Kronik Paroki Katedral Ruteng 2013 – 2

Salam! Bagian ini adalah yang kedua dari tiga bagian postingan tentang Kronik Paroki Katedral Ruteng tahun 2013. Simak informasi berbagai kejadian yang terjadi di Paroki St. Maria Assumpta – St. Yosef Katedral Ruteng dalam kurun Maret sampai Mei 2013. (Bagian pertama dapat disimak di sini)

kronik paroki katedral ruteng 2013

Pemakaman P. Franz Eickman di Ruteng | Foto: Kaka Ited

Kronik Paroki Katedral Ruteng 2013

  1. Minggu, 3 Maret 2013: Pelantikan petugas liturgi (lektor, pemazmur, dirigen dan organis) – di Gereja Katedral Ruteng. Ada kekeliruan besar dalam misa kedua karena Kreba minggu lalu dijual ulang. Tindak lanjutnya, DPP menyampaikan permintaan maaf secara resmi dan untuk misa kedua edisi berikutnya akan dibagikan secara gratis.
  2. Senin, 4 Maret 2013: Pengumpulan dana APP di sekolah dengan menggunakan kotak, tapi tidak berjalan seperti diharapkan. Sekolah dengan berbagai alasan mengumpulkan dengan metode sendiri.
  3. Kamis, 7 Maret 2013: Pertemuan khusus dengan Pembina PPA dan koster terkait tugas PPA kumpulkan kolekte pembangunan. Disepakati, pengumpulan kolekte menggunakan keranjang dan dikumpulkan saat homili – di Pastoran.
  4. Jumat, 8 Maret 2013: Paroki Katedral Ruteng mendapatkan sumbangan/donasi alat pengisap debu atau vacuum cleaner dari seorang ibu.
  5. Sabtu, 9 Maret 2013: Pemasangan mic meja baru untuk altar, lektor dan dirigen dan penataan toa. Kreba dibagi gratis – di Gereja Katedral Ruteng. Pemakaian kotak kolekte Geser sebagai media aksi solidaritas.
  6. Minggu, 10 Maret 2013: Rapat pleno dalam rangka syering Iman bersama Lorens Bahang Dama. Dalam kesempatan ini beliau memberi sumbangan untuk pembangunan aula sebesar Rp 25.000.000,- – di Aula Assumpta.
  7. Senin, 11 Maret 2013: Rapat evaluasi karyawan dengan pokok pembicaraan: Penyadaran sebagai satu tim kerja, penyampaian pemberlakuan Peraturan Kerja terkait Pensiun umur 55 (MPP) – 56 (pensiun), penyesuaian upah, pemberlakuan tunjangan dan keikutsertaan asuransi JPK di Bumiputera, reposisi tugas karyawan. Untuk membantu distribursi surat ke pengurus wilayah dan KBG, maka di dalam Gereja akan dibuat kotak surat untuk pengurus DPP. Distribusi warta mingguan Kreba diurus karyawan dan tidak lagi menjadi tanggungjawab kelompok kategorial THS/THM. Om Sil Mat (Koster) memasuki masa persiapan pensiun. Pembayaran hak pesangon Albertus Bandur – di Sekretariat Paroki.
  8. Jumat, 15 Maret 2013: Rapat Kordinasi Koordinator I Tim Kerja Paskah 2013, membahas tentang cara pengumpulan kolekte. Juga membicarakan tentang ketentuan pemakaian lagu dalam Misa, dengan komposisi 60% koor dan 40% lagu umat sehingga dilibatkan dalam pujian. Saat gladi semua petugas diwajibkan hadir dan siap diganti jika tidak hadir agar waktu laksanakan tugas baik adanya – di Aula Assumpta.
  9. Minggu, 17 Maret 2013: Pleno pemantapan Tim Kerja. Para Kordinator seksi tidak hadir tapi semua seksi siap melaksanakan tugas dengan beberapa catatan penting untuk setiap seksi, seperti: petugas khusus untuk sound system pada tiap perayaan. Kolektan atau petugas kolekte adalah kelompok Legio Maria. THS/THM khusus bertugas untuk keamanan luar dan lapangan parkir – di Aula Assumpta.
  10. Senin, 18 Maret 2013: Pemilihan Gubernur NTT. Karyawan Katedral masuk setengah hari.
  11. Jumat, 22 Maret 2013: Pendistribusian Beras Sosial Karitatif Paskah 2013 – di Sekretariat Paroki Katedral.
  12. Sabtu, 23 Maret 2013: Rapat terbatas Dewan Pastoral Paroki, Dewan Keuangan Paroki dan Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi tentang pemanfaatan dana GESER, optimalisasi dana pembangunan dengan dengan mengunjungi para Ketua Wilayah setelah Paskah, mengumpulkan para pengurus pleno dan mencari pinjaman. Karyawan Katedral mendapatkan THR (penerapan pertama tentang kompensasi kelebihan jam kerja) – di Paroki.
  13. Minggu, 24 Maret 2013: Minggu Daun-Daun. Perarakan dari Lapangan Motang Rua, diatur oleh Paroki Redong. Penggunaan pertama kali Handy Talkie milik Paroki Katedral Ruteng. Catatan: Pekan Suci di Paroki Katedral dipersiapkan dengan sangat baik, terkait petugas, sound system, terop, kursi, perparkiran, penggunaan lampu lalin. Jumlah umat membeludak. Khusus Ibadat Jalan Salib untuk pertama kalinya juga Katedral mengubah rute ke arah Waso. Walau rute panjang dan menanjak, antusiasme umat sangat tinggi. Ibadat Jumat Agung dilaksanakan cuma 1x pada jam 3. Koor wilayah semakin baik. Semua tampil memuaskan. Paskah tahun ini, Uskup Ruteng tidak memimpin misa di Katedral. Beliau memimpin misa Paskah di Labuan Bajo.
  14. Senin, 8 April 2013: Programmer Stefanus Erwin datang untuk yang kedua untuk finalisasi program database umat di Paroki Katedral. Sudah 80 KUB yang datanya berhasil dientry ke sistem database. Stefanus Erwin juga mempresentasi program tersebut di sidang Pastoral. Jaringan LAN dipakai di sekretariat Paroki Katedral Ruteng.
  15. Selasa, 9 April 2013: Penyetoran dana APP ke Panitia APP Keuskupan Ruteng. Ada kenaikan sekitar 11 juta dari jumlah tahun sebelumnya. Pertemuan rutin karyawan bersamaan dengan penerimaan upah bulanan. Disampaikan resmi bahwa Silvester Mat memasuki masa purnatugas atau pensiun. Penggantinya adalah Marsel Masdin. Om Sil masih mendampingi koster baru selama 1 – 2 bulan. Kepadanya diberi hak 10 x upah atau setara Rp 18 juta rupiah.
  16. Rabu – Sabtu, 10 – 13 April 2013: Pembukaan Sidang Pastoral Post Paskah, dimulai dengan rekoleksi di Asumpta lalu misa pembukaan pembaharuan janji Imamat di Katedral. Dilanjutkan sidang di Efata. Hari Sabtu 13 April penutupan sidang post Paskah dan misa penerimaan kerangka P.Eickmann, SVD yang dikuburkan di samping pemakaman Mgr. Eduardus Sangsun, SVD di halaman barat Katedral Ruteng.
  17. Senin, 15 April 2013: PT. Natural Nutrindo memulai pemakaian/sewa aula Assumpta selama 2 bulan (15 April sd 15 Juni) dengan sewa 16 juta perbulan. Pembatalan pertandingan persahabatan Bola Voli antar Paroki dan Biara se-kota Ruteng karena jumlah peserta kurang. Perbaikan septic tank Paroki.
  18. Selasa, 16 April 2013: Misa Requiem P. Stanis Wyparlo, SVD – di Katedral Ruteng. Pengecekan terakhir pekerjaan tembok pengaman DAS Wae Rowang oleh Bapedalda Kabupaten Manggarai yang berbatasan dengan batas barat tanah Paroki Katedral Ruteng.
  19. Rabu, 17 April 2013: Pelatihan cara bercocoktanam tanaman organik kerjasama dengan LSM Ayo Indonesia. Sosialisasi prosedur dan mekanisme bantuan ternak dari Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai sebagai program peningkatan ekonomi produktif umat Katedral – di Pastoran. Pembelian Magic Com 1 buah dan 2 buah termos air.
  20. Sabtu, 20 April 2013: Misa inkulturasi dipadukan dengan doa bersama untuk keberlangsungan politik yang jujur, adil dan damai di Indonesia yang disiarkan oleh Metro TV pada hari minggu malam jam 08.oo Wita. Katedral Ruteng dipilih mewakili unsur Kristen dan Katolik selain Bali yang mewakili Hindu dan Budha, Aceh mewakili Islam. Kerjasama antara Komisi JPIC, Kerawam dan Metro TV.
  21. Minggu, 21 April 2013: Rapat para Ketua Wil & Ketua Organisasi Rohani dalam rangka perarakan Patung Bunda Maria pada bulan Mei 2013 – di Pastoran.
  22. Kamis, 25 sd Jumat, 26 April 2013: Kursus Persiapan Perkawinan Katolik KPPK – di Aula Assumpta.
  23. Minggu, 28 April 2013: Marsel Masdin diperkenalkan oleh Pastor Paroki Rm. Deni sebagai Koster Baru (dalam masa magang) pada misa kedua –  di Gereja Katedral Ruteng.
  24. Rabu, 1 Mei 2013: Pembukaan Bulan Maria dan perarakan Patung Bunda Maria dari Wilayah ke Wilayah. Semoga Paroki Katedral dilindungi dan diberkati oleh Bunda Maria.
  25. Kamis, 2 Mei 2013: Tulisan dilarang masuk bagi yang tidak berkepentingan dipasang di Sekretariat, di dapur dan di aula.
  26. Jumat, 3 Mei 2013: Pendistribusian aksi Geser kepada 2 keluarga. Penunjukan Om San sebagai leader tanaman organik di Katedral.

Sumber: DPP Katedral Ruteng

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *