Lagi, Pelayanan Kesehatan Umat Lansia

Pelayanan kesehatan gratis untuk umat lanjut usia atau Lansia kembali dilaksanakan. Program Seksi Pastoral Keluarga DPP Katedral Ruteng ini, hari Minggu (22/2) kemarin dilaksanakan untuk umat di Wilayah VIII dan IX.

Lagi, Pelayanan Kesehatan Umat Lansia

Pelayanan Kesehatan Umat Lansia Minggu (22/2) | Foto: Dok. DPP

Mulai jam 10.00 Wita, empat orang dokter, dua orang dokter gigi, tiga tenaga perawat dan tujuh mahasiswa praktek dari STIKES St. Paulus Ruteng melayani umat lansia yang sebelumnya telah didaftarkan oleh pengurus wilayah kepada sekretariat DPP. Selain itu, umat lain yang tidak terdaftar namun berada di dua wilayah tersebut juga ikut diperiksa di tempat pelayanan di kediaman Ketua Wilayah IX, Ambrosius Janggat.

“Sebenarnya yang terdaftar itu ada 55 orang, tetapi pada kenyataannya yang datang memeriksakan diri itu jumlahnya lebih banyak yakni 71 orang. Ini juga terjadi di wilayah lain dan kita berterima kasih karena tenaga medis yang terlibat tetap setia melayani mereka bahkan juga melakukan kunjungan rumah kepada pasien yang tidak bisa datang ke tempat pelayanan,” jelas Ketua Seksi Pastoral Keluarga M. Paulus Hasiman.

Ditambahkannya, pelayanan kesehatan gratis ini melibatkan tenaga medis yang berasal dari Paroki Katedral Ruteng dan merupakan kerjasama DPP Katedral Ruteng dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai. “Tujuan utama pelayanan kita adalah umat lansia. Alasannya, umat lansia selama ini cukup sulit mengakses fasilitas kesehatan umum seperti Puskesmas atau Rumah Sakit. Jadi supaya tidak merepotkan mereka, kita bantu dengan mendekatkan pelayanan. Kalau yang belum lansia, kita sarankan untuk memeriksakan diri di Puskesmas, Rumah Sakit atau dokter-dokter praktek, meski selama ini ada juga yang belum lansia yang memeriksakan diri” ungkap Paul.

Pelayanan kesehatan umat lansia di Paroki Katedral Ruteng sudah dimulai sejak tahun 2014 silam. Selain sebagai bagian dari usaha melayani para lansia, kegiatan ini diharapkan mampu menanamkan kesadaran pada umat yang dikunjungi tentang perhatian dan kasih yang mereka terima dari orang lain. “Dengan menyadari kehadiran orang lain dalam hidup mereka, kami yakin umat akan membagi perhatian kepada orang-orang lain di sekitar mereka. Ini adalah usaha menanamkan kepedulian yang mungkin perlahan terkikis,” jelas Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran pada kesempatan awal saat kegiatan ini dirancang.

Kegiatan pelayanan kesehatan umat lansia, pertama kali dilaksanakan di Wilayah IV pada tanggal 7 September 2014. “Sejak saat itu sampai sekarang, kita usahakan dilaksanakan di semua wilayah. Kali berikut, kita laksanakan untuk umat lansia di Wilayah V dan selanjutnya ke wilayah lain yang belum mendapatkan pelayanan,” terang Sekretaris DPP Katedral Ruteng Shinta Aldina. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *