Lancar, Prosesi Bunda Maria Bulan Rosario

Prosesi arca Bunda Maria selama Bulan Rosario di semua wilayah di Paroki Katedral Ruteng berlangsung lancar dan khidmat. Proses tersebut dimulai tanggal 1 Oktober 2014 silam dan akan ditutup tanggal 31 Oktober mendatang.

Lancar Prosesi Bunda Maria di Katedral

Bunda Maria yang diarak pada Bulan Rosario | Foto: Lila Nyoman

Seperti diketahui, pada bulan Oktober tahun ini DPP Katedral Ruteng kembali melaksanakan kegiatan doa dan prosesi arca Bunda Maria dari wilayah ke wilayah. Kegiatan serupa pernah dilaksanakan pada bulan Mei 2013 silam dan mendapat sambutan yang istimewa dari umat Paroki Katedral Ruteng.

Tahun ini, ketika kegiatan tersebut dilaksanakan lagi umat tampak sangat antusias. Tanggal 1 Oktober lalu setelah Misa Pembukaan Bulan Rosario di Gereja Katedral Ruteng, arca Bunda Maria diarak dari Katedral Ruteng menuju ke wilayah I. Di wilayah I ini, Bunda Maria ditahtakan selama beberapa malam yakni tanggal 1 sampai 3 Oktober sebelum selanjutnya diarak ke wilayah lain secara berurutan yakni: 3 – 6 Oktober di Wilayah XI, 6 – 9 Oktober di Wilayah XII, 9 – 11 Oktober di Wilayah X, 11 – 13 Oktober di Wilayah IX, 13 – 15 Oktober di Wilayah VIII, 15 – 17 Oktober di Wilayah VI, 17 – 19 Oktober di Wilayah VII, 19 – 21 Oktober di Wilayah III, 21 – 23 Oktober di Wilayah IV, 23 – 25 Oktober di Wilayah V, 25 – 28 Oktober di Wilayah XIII dan terakhir  di wilayah II tanggal 28 – 31 Oktober. Dari wilayah II Bunda Maria akan diarak lagi ke Gereja Katedral Ruteng pada Misa Penutupan Bulan Rosario.

Lancar, Prosesi Bunda Maria di Katedral Ruteng

Prosesi Wilayah VII | Foto: Kaka Ited

Sama seperti tahun sebelumnya, di setiap wilayah Bunda Maria ditahtakan di rumah yang telah ditentukan (beberapa wilayah melakukan pentahtaan di beberapa KBG) dan umat melakukan tuguran dan berdoa rosario bersama. Menurut Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran, semangat kegiatan prosesi tersebut adalah agar umat semakin dekat dan setia melakukan devosi kepada Bunda Maria melalui doa Rosario. “Kita berharap kunjungan tersebut menguatkan iman umat dan menumbuhkan kesadaran untuk hidup seturut teladan Bunda Maria serta senantiasa mendaraskan doa rosario tidak hanya pada bulan Oktober tetapi dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Pentahtaan di Wilayah III Katedral Ruteng | Foto: Kaka Ited

Pentahtaan di Wilayah III Katedral Ruteng | Foto: Kaka Ited

Suasana perarakan menjadi semakin meriah karena umat yang dilalui prosesi menghias halaman rumah mereka dengan lilin dan obor serta meletakkan patung keluarga kudus di depan halaman rumah mereka. Dari keterangan beberapa pengurus KBG dan Wilayah, antusiasme umat pada doa dan prosesi ini terlihat dari kesetiaan mereka mengikuti seluruh kegiatan mulai dari perarakan pada saat penjemputan, tuguran sampai ketika menghantarnya ke wilayah lain. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *