Lantai Aula Katedral Akan Diratakan

Setelah rangka baja dan atap aula Katedral Ruteng selesai dibangun, kali ini Panitia Pembangunan Aula Katedral Ruteng akan melakukan tahapan selanjutnya. Tahapan tersebut adalah perataan tanah di dalam bangunan untuk lantai.

Denah Aula Katedral Ruteng

Denah Aula Katedral Ruteng

Dalam rencana panitia, pengerjaan tahapan ini akan dilakukan secara swadaya. Umat dari setiap kelompok di tigabelas wilayah Paroki Katedral Ruteng diajak untuk terlibat. Ketua DPP Katedral Ruteng, Erlan Yusran mengatakan panitia pembangunan sudah mengumumkan di mimbar Gereja serta bersurat ke pengurus wilayah. “Kita sudah minta kepada pengurus wilayah dan meminta kesediaan mereka mengerahkan 20 – 30 orang per wilayah untuk ikut dalam aksi fisik tersebut,” jelasnya. Aksi fisik umat tersebut akan dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Juli 2014.

Aksi fisik untuk pengerjaan aula ini bukan yang pertama dilakukan. Pada bulan Desember 2012 silam, umat juga terlibat dalam aksi serupa untuk pekerjaan penggalian pondasi. Saat itu, umat diatur per wilayah dengan waktu kerja yang diatur secara bergilir. Dalam pantauan, umat tampak antusias membantu pekerjaan fisik tersebut. Aksi fisik adalah salah satu bentuk nyata dukungan umat pada pembangunan aula Katedral Ruteng selain sumbangan dana sebesar Rp. 450.000,-/KK berdasarkan kesepakatan Pleno DPP tahun 2007 silam.

Tentang rencana perataan lokasi untuk lantai ini, Ketua DPP berharap antusiasme umat dari setiap wilayah tetap besar dan jika mungkin akan semakin bertambah. “Pada tahapan ini, kita tidak lagi membagi jadwal kerja per wilayah, tetapi semua dilaksanakan pada hari yang sama, sehingga hasilnya akan terlihat dan panitia bisa segera memulai tahapan pengerjaan lantai,” tambah Ketua DPP. Dalam rancangan panitia, jika pengerjaan lantai dapat segera diselesaikan maka aula Katedral bisa mulai disewakan sambil tetap diupayakan agar tahapan-tahapan lain bisa dilanjutkan.

Pembangunan Aula Katedral dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan Gereja dan Pastoran Katedral Ruteng. Aula Assumpta yang ada saat ini akan beralih fungsi sebagai pastoran yang selama ini disatukan dengan ruang sekretariat. DPP berharap, umat mendukung pembangunan aula agar berjalan sesuai rencana. “Target pembangunannya lima tahun, dan hanya akan terwujud jika umat berpartisipasi. Kami mengucapkan terima kasih kepada donatur yang membantu, dan berharap semakin banyak pihak peduli,” papar Ketua DPP. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *