Laporan Tim Kerja Pemilihan DPP

Mulai awal Februari 2015, proses pemilihan Ketua Pelaksana DPP Katedral Ruteng periode 2015 – 2019 telah dimulai. Tahapan akhir berlangsung dalam Rapat Pleno DPP di Aula Assumpta Katedral Ruteng hari Jumat (10/4) kemarin. Berikut rekaman proses pemilihan tersebut yang telah disampaikan sebagai laporan tim kerja pemilihan Ketua Pelaksana DPP di hadapan peserta pleno:

Laporan Tim Kerja Pemilihan DPP

Umat Katedral Ruteng | Foto: Kaka Ited

Pastor Paroki Katedral Ruteng, Pastor Kapelan Katedral Ruteng, Dewan Penasehat Paroki, Ketua dan pengurus harian DPP Katedral Ruteng, Dewan Keuangan Paroki, para pengurus Wilayah, pengurus KBG, utusan kelompok kategorial, utusan lembaga pendidikan se-paroki Katedral Ruteng; seluruh peserta pleno yang terkasih.

Berikut kami sampaikan rekaman proses pemilihan Ketua DPP Katedral Ruteng periode 2010 – 2015:

  1. Pada tahun 2015 ini, masa kerja pengurus DPP Katedral Ruteng periode 2010 – 2015 telah berakhir. Karenanya, pemilihan pengurus baru harus segera dilaksanakan. Untuk melaksanakan hal tersebut, Pastor Paroki Katedral Ruteng yang dalam Statuta Dewan Pastoral Paroki bertindak sebagai Ketua Tim Formatur dan bertanggungjawab penuh atas proses ini, membentuk Tim Kerja Pemilihan Ketua DPP Katedral Ruteng periode 2015 – 2019.
  2. Tanggal 10 Februari 2015 Pastor Paroki Katedral Ruteng mengeluarkan Surat Keputusan tentang susunan Tim Kerja Pemilihan Ketua DPP Katedral Ruteng periode 2010 – 2015, yang terdiri dari: Robertus Bellarminus Nagut (Ketua), Yasinta Aldina (Sekretaris), Helena M. Palu (Bendahara), Maximus Tandu (Anggota), Herry da Lopez (Anggota), Ferdinandus Sampur (Anggota).
  3. Tim Kerja bertugas mulai dari tahap penjaringan sampai penetapan dengan koordinasi dan pertimbangan dari Tim Formatur.
  4. Tanggal 15 Februari 2015, Tim Kerja secara resmi mengumumkan penjaringan bakal calon Ketua DPP Katedral Ruteng melalui mimbar Gereja. Dalam pengumuman tersebut disampaikan bahwa Tim Kerja membuka peluang yang sama kepada para pengurus wilayah untuk mengajukan daftar nama bakal calon Ketua DPP Katedral Ruteng. Diumumkan juga bahwa batas akhir pendaftaran adalah pada tanggal 12 Maret 2015.
  5. Tanggal 16 Februari 2015, Tim Kerja membuka pendaftaran bakal calon Ketua DPP Katedral Ruteng.
  6. Tanggal 15 Maret 2015, melalui mimbar Gereja dan Kreba, diumumkan nama bakal calon yang diusulkan oleh wilayah, yakni sebagai berikut: Bapak Erlan Yusran (Diusulkan oleh Wilayah I), Bapak Herman Ndiu (Diusulkan oleh Wilayah II), Bapak Nobertus Nagung dan Bapak Inocentius Peni (Diusulkan oleh Wilayah X). Pada saat yang sama, diumumkan juga bahwa Wilayah yang belum mengusulkan nama bakal calon masih diberi kesempatan untuk mengajukannya lagi sampai tanggal 19 Maret 2015.
  7. Tanggal 22 Maret 2015, melalui mimbar Gereja dan Kreba, diumumkan lagi daftar bakal calon yang telah diusulkan, dengan komposisi: Bapak Erlan Yusran (Diusulkan oleh Wilayah I, VI dan VII), Bapak Herman Ndiu (Diusulkan oleh Wilayah II), Bapak Nobertus Nagung dan Bapak Inocentius Peni (Diusulkan oleh Wilayah X), Bapak Simon Manggu (Diusulkan oleh Wilayah XI).
  8. Tanggal 24 Maret 2015, Tim Kerja melaporkan perkembangan tahapan pemilihan kepada Pastor Paroki selaku Ketua Tim Formatur.
  9. Tanggal 27 Maret 2015 Tim Formatur yang terdiri dari Pastor Paroki, Pastor Kapelan, dua penasehat DPP (Bapak Herman Djegaut dan Bapak Onesimus Jaman) dan seorang perwakilan DKP (Bapak Tarsisius Hurmali) melaksanakan pertemuan membahas lanjutan tahapan pemilihan Ketua DPP Katedral Ruteng periode 2015 – 2019. Dalam pertemuan tersebut Tim Formatur memutuskan untuk membuka kembali kesempatan kepada wilayah yang belum mengajukan nama bakal calon untuk menyampaikan usulan. Atas keputusan Tim Formatur tersebut, Tim Kerja menghubungi wilayah-wilayah yang belum mengajukan usulan untuk menyampaikan nama bakal calon yang disepakati di wilayah. Hasilnya, muncul dua bakal calon yang baru yakni: Bapak Agustinus Ganggut (Diusulkan oleh Wilayah V) dan Bapak Vincensius Marung (Diusulkan oleh Wilayah XIII)
  10. Sampai dengan tanggal tersebut, beberapa wilayah tidak mengajukan usulan nama bakal calon yakni Wilayah III, IV, VIII dan IX. Sedangkan Wilayah XII mengajukan nama Bapak Erlan Yusran.
  11. Kepada bakal calon yang telah diusulkan kepada Tim Kerja, Pastor Paroki selaku Ketua Tim Formatur melakukan pendekatan personal tentang kesediaannya menjadi calon Ketua DPP Katedral Ruteng.
  12. Tanggal 31 Maret 2015, dilaksanakan pertemuan Tim Formatur dan Tim Kerja bersama Ketua DPP Katedral Ruteng dengan agenda: Pembahasan tahapan selanjutnya dan penyampaian hasil pendekatan Ketua Tim Formatur kepada bakal calon yang sudah ada. Disampaikan bahwa beberapa nama bakal calon menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan dan mengusulkan kepada Ketua Tim Formatur nama Bapak Erlan Yusran.
  13. Usai pertemuan, Tim Formatur dan Tim Kerja kembali menghubungi para bakal calon terkait kesediaannya menjadi calon Ketua DPP dan maju pada tahap Pemilihan yang dijadwalkan berlangsung tanggal 10 April 2015. Diperoleh hasil, enam orang bakal calon mengundurkan diri dari bursa calon Ketua DPP Katedral Ruteng namun menyatakan kesediaan untuk masuk dalam komposisi pengurus. Akhirnya, hanya tersisa satu nama yakni Bapak Erlan Yusran.
  14. Tanggal 1 April 2015, kondisi tersebut oleh Tim Kerja dilaporkan kepada Pastor Paroki Katedral Ruteng selaku Ketua Tim Formatur. Oleh Ketua Tim Formatur, seluruh proses dinyatakan telah berlangsung dengan baik dan demokratis sehingga pada tahapan selanjutnya hanya akan dilakukan penetapan Ketua DPP Katedral Ruteng periode 2015 – 2019 terpilih yakni: Bapak Erlan Yusran.
  15. Tanggal 10 April 2015, dilaksanakan Rapat Pleno sebagai tahapan akhir dari proses pemilihan Ketua DPP Katedral Ruteng periode 2015 – 2019 dengan dua agenda: Laporan Pertanggungjawab Ketua DPP Katedral Ruteng periode 2010 – 2015 dan Penetapan Bapak Erlan Yusran sebagai Ketua Pelaksana DPP Katedral Ruteng periode 2015 – 2019.

Demikian laporan ini kami buat dan terima kasih atas perhatian kita semua.

Catatan: Laporan Tim Kerja Pemilihan Ketua Pelaksana DPP Katedral Ruteng ini ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris Tim Kerja; mengetahui Pastor Paroki Katedral Ruteng.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *