LG Corner Jadi Tempat Kegiatan Kreatif

Sejak dibuka dan diresmikan penggunaannya pada bulan Desember 2013 silam, LG Corner Ruteng telah menjadi tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan. Beberapa komunitas pernah menggelar kegiatan mereka di tempat ini, seperti klub buku, kelompok teater, kelompok peduli lingkungan, dan lain-lain.

LG Corner

Live Music di LG Corner Ruteng | Foto: Kaka Ited

Sepanjang bulan Juli 2015 kemarin, tercatat berbagai kegiatan komunitas dilaksanakan di fasilitas yang disediakan sebagai ruang terbuka di Paroki Katedral Ruteng. Tanggal 19 Juli 2015 misalnya, komunitas Mata Rantai dari Labuan Bajo menggelar acara nonton dan diskusi film dokumenter. Ada pun film yang ‘dibahas’ adalah sebuah produksi Mata Rantai yang disutradarai oleh Fhaiz Al Safim dan Edward Angimoy berjudul Cerita dari Lapak. Kegiatan yang bekerjasama dengan OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng itu, dihadiri oleh puluhan pegiat komunitas dan penikmat film.

Acara diawali dengan nonton bersama film berdurasi sekitar 15 menit, dilanjutkan dengan komentar dan penyampaian hasil pembacaan atas film oleh Alfred Tuname dan Armin Bell. Setelahnya, para peserta kegiatan terlibat dalam diskusi dan berganti memberikan komentar atas film yang mengangkat kisah hidup para perempuan pedagang/penjual di pasar Wae Kesambi Labuan Bajo. Kegiatan tersebut berlangsung mulai jam 18.00 Wita sampai 22.00 Wita. Hadir juga Pastor Kapelan Katedral Ruteng sekaligus moderator OMK, RD Lian Angkur.

Kegiatan kreatif lainnya yang juga dilaksanakan di LG Corner Ruteng adalah pentas musik akustik dan aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh Ikatan Muda-Mudi Langke Rembong IMMALABONG – Bali. Selama dua hari mereka melaksanakan kegiatannya, yakni Jumat, 31 Juli 2015 mulai pukul 15.00 – 18.00 Wita dan Minggu, 2 Agustus 2015 mulai pukul 18.00 Wita – 21.00 Wita. Sebelumnya, LG Corner juga menjadi tempat para seniman muda yang tergabung dalam Komunitas Teater Saeh Go Lino Ruteng bersama OMK Lumen Gratiae mempersiapkan pentasan untuk memeriahkan pekan puncak Sinode III Keuskupan Ruteng. (Baca juga: Kategorial Katedral Meriahkan Sinode III)

Selain menjadi tempat digelarnya berbagai kegiatan, LG Corner juga menyediakan berbagai fasilitas untuk masyarakat Ruteng dan sekitarnya (lihat: Fasilitas di LG Corner Ruteng). Di tempat ini terdapat toko buku dan perlengkapan rohani, akses internet murah, kuliner serta taman baca gratis dengan lebih dari seribu judul bacaan. Koleksi bacaan tersebut diperoleh dari hasil sumbangan berbagai komunitas atau sumbangan pribadi dari pihak-pihak yang peduli dengan perkembangan literasi di Ruteng. Kelompok kategorial di Paroki Katedral Ruteng juga menjadikan LG Corner sebagai tempat kegiatan bersama. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *