LG Corner Ruteng Hadirkan Suasana Baru

Setelah melalui proses yang panjang, Paroki Katedral Ruteng saat ini memiliki satu gedung baru yang berfungsi sebagai toko buku, taman baca, ruang diskusi dan apreasiasi seni.

LG Corner Ruteng

Pentas akustik pada peluncuran LG Corner Ruteng | Foto: Kaka Ited

Gedung yang menempati bagian barat pelataran parkir Gereja Katedral Ruteng itu, dibangun selama tiga bulan sejak Agustus sampai November 2013. Menurut Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran, pada mulanya gedung tersebut dibangun untuk toko buku Gratiae. Seperti diketahui, toko buku yang lama -di depan Gereja St. Yosef (Katedral Lama)- dialihfungsikan sebagai Kantor Kevikepan Ruteng, berdasarkan SK Uskup Ruteng.

“Karena alih fungsi tersebut, maka kita lalu memutuskan untuk membuat bangunan khusus untuk kelanjutan toko buku Gratia, karena toko buku ini adalah salah satu unit kerja paroki,” jelas Erlan. Namun, tambahnya, setelah selesai dibangun, terlihat peluang lain pemanfaatannya. “Setelah didiskusikan dengan beberapa pihak, akhirnya disepakati bahwa bangunan tersebut ditambah fungsinya, dan kita beri nama LG Corner” jelas Erlan yang juga menambahkan bahwa LG Corner adalah singkatan dari Lumen Gratiae Corner. Semangatnya menjadi pojok yang memberikan cahaya dan berkat kepada semua orang.

Sebagai tindak lanjut dari diskusi tersebut, saat ini gedung LG Corner Ruteng tersebut dilengkapi berbagai fasilitas seperti toko buku, taman baca, hot spot area, aneka kuliner, sembako dan fotocopy. Pengelola taman baca di LG Corner Rm. Beben Gaguk, Pr mengatakan keputusan untuk membangun taman baca didasari pada beberapa hal. “Pertama, DPP Katedral telah menyiapkan prasarana berupa gedung. Kedua, taman baca menjadi sesuatu yang penting setelah memperhatikan kondisi riil bahwa banyak pelajar yang belum punya kemampuan maksimal dalam menulis,” jelasnya.

Romo Beben menambahkan, “Kami melihat alasan utamanya adalah karena rendahnya minat baca yang mungkin disebabkan oleh keterbatasan kepemilikan buku. Nah kami mau mengambil bagian dengan menyediakan literatur gratis  sebagai bentuk kepedulian meningkatkan minat baca. Harapannya ke depan setelah mereka membaca, mereka bisa menulis,” papar Pastor Kapelan Katedral Ruteng ini. Tanggal 1 Desember 2013 silam, Taman Baca LG Corner Ruteng diresmikan oleh Kadis PPO Kabupaten Manggarai Drs. Rafael Paseli Ogur.

Kadis Rafael menyampaikan apresiasi yang tinggi atas upaya menumbuhkan minat baca di kalangan pelajar dan masyarakat Manggarai. “Kami pada prinsipnya mendukung kegiatan ini dan akan berupaya untuk membantu fasilitas seperti pengadaan buku dan lain-lain,” jelasnya saat memberikan sambutan pada peresmian tersebut. Kegiatan peresmian ditandai dengan penandatanganan dokumen dan diwarnai oleh pentas musik akustik.

Puluhan pelajar dan mahasiswa hadir. Pastor Paroki Katedral Ruteng Rm. Daniel Sulbadri serta tokoh-tokoh umat juga tampak hadir. Pada kesempatan yang sama, juga diluncurkan fasilitas internet Wi-Fi. Sejak saat itu sampai saat ini, LG Corner telah mendapatkan lebih dari 1.000 kunjungan. Lebih dari 1.500 judul buku telah tersedia. Kehadiran para pedagang kuliner dan biaya internet Wi-Fi yang murah menjadi salah satu daya tarik kunjungan. “Kita berharap LG Corner membawa manfaat besar,” kata Rm. Beben, Pr. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

4 gagasan untuk “LG Corner Ruteng Hadirkan Suasana Baru

  1. Ini merupakan satu strategi yang perlu di apresiasi, mudah-mudahan gereja-geraja lain di kota Ruteng bisa mengikuti jejak yang sudah ada. sukses untuk LG Corner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *