Lomba BKSN di Katedral Selama Tiga Hari

Selama tiga hari sejak Kamis (18/9) sampai Sabtu (20/9), para pelajar dari sekolah-sekolah di Paroki Katedral Ruteng mengikuti kegiatan lomba baca dan kuis Kitab Suci dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional BKSN 2014.

Bulan Kitab Suci Nasional 2014 Katedral Ruteng

Kegiatan BKSN 2014 Paroki Katedral Ruteng

Kegiatan tersebut dilaksanakan di pendopo pastoran dan aula paroki Katedral. Pastor Kapelan Katedral Ruteng, Rm. Beben Gaguk, Pr mengatakan kegiatan tahun ini tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Tahun ini pada prinsipnya sama. Peserta mengikuti dua jenis kegiatan, yakni lomba baca dan kuis. Hanya saja, kalau tahun lalu teks bacaannya berbahasa Manggarai, kali ini (bahasa) Indonesia,” jelas Romo Beben. Selain itu menurut Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Ruteng ini, untuk lomba baca kitab suci pada tahun ini, pesertanya dibagi dalam dua kategori yang pria dan wanita. “Tahun lalu, satu sekolah satu peserta untuk lomba baca, sedangkan tahun ini dua. Satu laki-laki dan satu perempuan. Untuk kuis tetap sama,” tambahnya.

Hari Jumat kemarin, lomba baca Kitab Suci telah selesai dilaksanakan. Selama dua hari, para peserta bersaing meyakinkan juri yang telah ditentukan panitia yakni Ibu Maria Jelamut, Sr. Petra, KSSY dan Ibu Veronika Naul. Pada hari pertama, yang menjadi peserta lomba adalah SDK Ruteng V, SDI Konggang, SDK Ruteng II, SDK Ruteng III SDK Ruteng VI, SDLB Karya Murni, SMP Negeri II Langke Rembong, SMP Widya Bakti, SMP Dharma Bakti dan SMP St. Petrus. “Hari pertama itu untuk SD dan SMP, sedangkan hari kedua untuk tingkat SMA/SMK. Dan pesertanya adalah SMA St. Thomas Aquinas, SMA St. Fransiskus Saverius Ruteng, SMK Sadar Wisata, SMA Setia Bakti, SMK St. Petrus dan SMK Swakarsa. Ada beberapa sekolah yang tidak ikut dalam lomba baca ini yakni SMPK St. Fransiskus Saverius Ruteng dan SMPK Immaculata. Kalau Immaculata itu karena masalah jadwal, sedangkan yang (SMP) Fransiskus kita belum dapat konfirmasi alasannya,” jelas Ferdinandus Sampur, salah seorang panitia.

Pada hari Sabtu ini, semua peserta dari tingkat SD sampai SMA mengikuti kuis Kitab Suci. Materi kuisnya adalah Kitab Keluaran. “Untuk kuis, kegiatannya kita lakukan di aula. Sedangkan kemarin untuk lomba baca dilakukan di ruang tamu pastoran,” kata Sekretaris Paroki Shinta Aldina. Menurut Shinta, pengumuman hasil lomba akan dilaksanakan pada hari Minggu, 28 September 2014 di Gereja Katedral Ruteng. “Nanti pada Misa kedua, akan diumumkan sekaligus penyerahan hadiah kepada para juara,” tambahnya.

Tahun sebelumnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan dalam rangka BKSN 2013. Saat itu, SDLB Karya Murni, SMP Negeri II Langke Rembong meraih juara pertama untuk lomba baca Kitab Suci dan SDK Ruteng V, SMP Negeri II Langke Rembong dan SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng meraih juara pertama untuk kuis Kitab Suci. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *