Lomba Masak di Katedral Ruteng Berlangsung Meriah

Lomba masak dalam rangka HUT Paroki Katedral Ruteng ke-93 berlangsung meriah. Kegiatan yang melibatkan 28 kelompok dari KUB dan kelompok kategorial tersebut dilaksanakan di pelataran parkir Katedral (29/9) mulai jam 10.00 WITA. KUB St. Anna Watu II keluar sebagai pemenang pertama.

lomba masak di katedral ruteng

Peserta lomba masak di Katedral Ruteng | Foto: Kaka Ited

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng, Rm. Daniel Sulbadri, Pr. Dalam sambutannya, Romo Deny menyampaikan apresiasinya kepada panitia yang telah bekerja keras merancang dan melaksanakan kegiatan ini. “Lomba masak dalam rangka HUT paroki ini dilaksanakan untuk membangun keakraban antarumat dan mengembangkan talenta yang kita miliki. Ini adalah lomba masak pertama yang digelar di paroki ini. Selamat berlomba dalam pesta umat ini,” kata Romo Deny sesaat sebelum membuka acara itu secara resmi.

Selama dua jam, para peserta lomba masak di Katedral Ruteng memasak menu makan siang lengkap dengan bahan dasar pangan lokal. Berdasarkan kriteria, setiap kelompok wajib menyiapkan menu untuk sepuluh orang. Mereka bekerja keras dalam suasana akrab namun tetap kompetitif. Sementara itu, para juri yakni Ibu Theresia Jumiarti Bora, Ibu Etik Empang dan Ibu Fransiska Nirma, bekerja keras sejak menit awal sampai akhir memberikan penilaian. OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng terus menyanyikan lagu-lagu yang mengiringi lomba masak tersebut.

Jam 2 siang, seluruh proses selesai. Sebelum mengumumkan juara, dewan juri menjelaskan bahwa makanan yang keluar sebagai juara adalah yang memenuhi kriteria juri. “Yang kita nilai bukan hanya rasa, tetapi kadar gizi, penataannya dan lain-lain,” jelas Ibu Theres Bora. Hasilnya, KUB St. Anna Watu II meraih nilai tertinggi dan menjadi juara pertama. Selanjutnya secara berurutan dari juara kedua sampai harapan tiga adalah: KUB St. Antonius Pitak I, KUB St. Maria Bintang Samudra Rangkat, KUB Nekang V-A, KUB St. Yosef Rangkat dan KUB St. Maria Fatima¬† Watu IX-B. Mereka mendapatkan piala dan bingkisan dari panitia.

Selain enam pemenang, juri juga memberikan apresiasi pada enam kelompok lainnya yakni KUB St. Maria Bintang Kejora Rangkat, OMK Lumen Gratiae, KUB St. Paulus Kedutul, KUB Mater Gratiae, KUB St. Maria Fatima Watu V-A dan KUB St. Fransiskus Konggang. “Perolehan nilainya sangat ketat karena semua peserta telah memberikan yang terbaik,” jelas juri.

Setelah proses penjurian, makanan juara dilelang dan hasilnya digunakan untuk mendukung pembangunan aula. Pemenang lelang tersebut adalah Yoseph Leonardi Ahas dengan penawaran sebesar limaratus ribu rupiah. Sementara itu, umat yang hadir menikmati makan siang bersama di lokasi lomba, mencicipi makanan sehat dan bergizi hasil karya para peserta secara gratis. Secara keseluruhan, kegiatan ini berlangsung meriah dan sukses. “Ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan lomba masak di Paroki Katedral Ruteng. Kita berharap, kegiatan serupa bisa dilaksanakan di tahun-tahun mendatang,” kata Rm. Beben Gaguk, Pr salah seorang panitia lomba. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *