Malam Kuliner 92 Meriahkan HUT Katedral Ruteng

23 September 2012 ini, Paroki Katedral Ruteng memasuki usia 92 tahun. Tidak seperti tahun sebelumnya, tahun ini tidak banyak kegiatan yang digelar sebagai bentuk peringatan. Pada tahun 2011 silam, rangkaian peringatan HUT Katedral Ruteng diwarnai dengan pertandingan dan lomba antar wilayah.
“Tahun ini, kegiatan-kegiatan perlombaan dalam rangka ulang tahun sengaja tidak digelar, karena Paroki Katedral sudah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut untuk memeriahkan Yubileum Agung Gereja Katolik Manggarai tingkat paroki,” demikian penjelasan dari Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran. Meski demikian, HUT Katedral tahun ini tetap diperingati secara istimewa. “Tidak ada pertandingan atau perlombaan, warna ulang tahun akan tetap istimewa. Tahun ini, HUT paroki akan diwarnai dengan pemberian sakramen krisma kepada sekitar 2.000 umat, lalu juga akan diluncurkan untuk pertama kalinya buletin paroki yang diberi nama Swardika. Selain itu, panitia kecil bersama OMK Lumen Gratiae juga akan menggelar malam kuliner 92,” lanjutnya.
Malam kuliner yang direncanakan tersebut adalah yang pertama kali dilaksanakan di Ruteng. Para pengusaha kuliner diajak untuk menjual makanan di pelataran parkir Katedral Ruteng pada hari Minggu 23 September 2012, mulai jam 16.00 WITA sampai selesai, dan seluruh umat diajak untuk menikmati sajian istimewa aneka rasa ditemani sajian live music dalam suasana santai.
Tidak seperti ajang wisata kuliner lain yang mewajibkan pengusaha kuliner membayar retribusi, pada peringatan HUT Katedral yang ke-92 ini, para pedagang tidak dipungut biaya. “Tidak ada biaya stand. Yang mau berjualan silahkan datang, akan ada tenda yang disiapkan panitia, juga meja makan untuk para pengujung akan kami siapkan,” tutur Nandez Sampur, seksi Humas panitia.
Menurut Nandez, lebih dari 20 pengusaha kuliner sudah menyatakan kesediaannya menggelar dagangan mereka pada malam kuliner. “Saya berharap, seluruh warga kota Ruteng dan sekitarnya hadir. Ini kegiatan pertama dan unik. Kita bisa santap malam bersama keluarga di halaman Katedral Ruteng,” tambahnya. Kegiatan ini diberi nama Malam Kuliner 92, merujuk pada usia paroki Katedral Ruteng. (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *