Meriah, Pawai Natal di Ruteng

Pawai Natal di Ruteng, Minggu (23/12) jam 18.00 WITA, berlangsung meriah. Ribuan umat dari tujuh paroki dalam kota Ruteng yang ikut dalam pawai tersebut, menghias kendaraan mereka dengan pernak-pernik Natal. Beberapa bahkan membawa perangkat sound system lengkap pada kendaraan pick-up yang terus mengumandangkan lagu-lagu Natal, truk-truk besar dipakai untuk memuat Patung Sinterklas dan pohon-pohon Natal, sementara ratusan sepeda motor juga berhias warna-warni merah hijau.
Lampu Natal di wilayah Rowang, Minggu 23 Desember 2012 (foto: Kella)
Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng secara resmi membuka kegiatan Pawai Natal ini di Lapangan Motang Rua Ruteng. Dalam sambutannya sebelum melepas rombongan pawai, Mgr. Hubert mengungkapkan apresiasinya atas kesediaan ribuan umat ikut ambil bagian pada kegiatan tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih kepada umat sekalian yang telah mau bersama kami mengikuti kegiatan ini,” kata Mgr. Hubert seraya mengingatkan agar pada hari-hari menjelang Natal dan Tahun baru, umat tidak secara berlebihan membunyikan petasan, mercun dan meriam bambu.
Turut hadir pada upacara pembukaan pawai Wakil Bupati Manggarai Dheno Kamelus, Vikep Ruteng Rm. Gerardus Janur, Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Manseltus Mitak serta para imam dan beberapa pejabat eselon dua lingkup setda Manggarai. Setelah dibuka secara resmi oleh Uskup Ruteng, rombongan pawai bergerak ke wilayah parokinya masing-masing, diawali dengan rombongan Paroki Kumba, Paroki Mbaumuku dan Karot, Paroki Cewonikit, Redong dan Golodukal, serta Paroki Katedral Ruteng.
Kon Mitang pada persiapan Pawai Natal 2012
Sepanjang jalur pawai, pengeras suara terus memperdengarkan lagu-lagu Natal dan seruan-seruan Natal. Di lingkup Paroki Katedral, rombongan bergerak mengikuti jalur yang sudah ditentukan oleh panitia, di bawah koordinasi Kon Mitan, koordinator seksi pengerahan umat pada Panitia Natal 2012. Di sepanjang jalan yang dilalui rombongan Pawai Natal 2012, umat telah menanti dengan gembira. Lampu-lampu Natal dan berbagai lampion, menghiasi jalanan. Kandang-kandang Natal yang dibangun dalam sukacita Natal juga tampak menarik dengan aneka lampu dan hiasan.
Kegiatan Pawai Natal 2012 ini terselenggara berdasarkan keputusan Forum Komunikasi DPP se-kota Ruteng beberapa waktu sebelumnya dan direncanakan akan menjadi agenda tetap pada setiap perayaan Natal di Ruteng. (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *