Meriahkan 100 Tahun Gereja Katolik Manggarai

Tahun 2012 ini, Gereja Katolik Manggarai memasuki usia 100 tahun. Benih-benih ini tumbuh melalui pembaptisan lima orang Manggarai pertama menjadi Katolik di Jengkalang Reo pada 17 Mei 1912. Saat itu Pater Henrikus Looijmans, SJ membaptis Katarina, Henricus, Agnes Mina, Caecilia Weloe dan Helena Loekoe. Karenanya tahun ini berbagai kegiatan digelar di seluruh wilayah Keuskupan Ruteng, sebagai wujud syukur atas usia 100 tahun tersebut.

katedral ruteng meriahkan yubileum 100 tahun gereja katolik manggarai

Baliho Yubileum di Reo | Design: Armin Bell

Di Paroki Katedral Ruteng, Dewan Pastoral Paroki secara khusus membentuk Panitia Yubileum Tingkat Paroki Katedral Ruteng dengan penanggungjawab Seksi Kepemudaan DPP dan OMK Lumen Gratiae. Kegiatan Yubileum tingkat Paroki Katedral Ruteng diawali dengan Lomba Mencari Telur Paskah, yang dilaksanakan di halaman barat Gereja Katedral Ruteng. Perlombaan ini melibatkan murid-murid TKK dan siswa kelas satu sampai kelas tiga Sekolah Dasar dan digelar pada hari Minggu Paskah, 8 April 2012 setelah Misa ke-2.

Kegiatan lain yang juga digelar Katedral dalam meriahkan 100 tahun Gereja Katolik Manggarai adalah Pertandingan Sepak Bola Mini antar Sekolah Dasar, yang melibatkan 19 SD di wilayah Kecamatan Langke Rembong. Pertandingan ini dilaksanakan di Lapangan Motang Rua Ruteng mulai 23 April sampai 1 Mei 2012, bekerja sama dengan Dinas PPO Kabupaten Manggarai. Keluar sebagai Juara Pertama adalah SDK Kumba 1 setelah berhasil unggul atas SDI Tenda pada partai final. Sebelumnya, SDK La’o memastikan diri merebut tempat ketiga, unggul atas SDI Woang. Ketua Panitia Lorens Guntur menjelaskan, pertandingan antar SD tersebut tidak hanya bertujuan memeriahkan Yubileum tetapi juga sebagai ajang pembinaan olahraga usia dini. “Kita bekerja sama dengan Dinas PPO dan pemain-pemain terbaik yang telah diseleksi, akan dibina untuk mewakili Manggarai di tingkat yang lebih tinggi,” ungkapnya usai partai final.

Rangkaian kegiatan Yubileum tingkat Paroki Katedral Ruteng juga diwarnai dengan Renungan Pendidikan yang melibatkan OMK Lumen Gratiae, bekerja sama dengan Dinas PPO Kabupaten Manggarai dan SMAK St. Fransiskus Saverius RUteng pada tanggal 1 Mei 2012 di Lapangan Motang Rua Ruteng. Panitia juga mengadakan Ziarah Rohani ke Gua Labe – Cancar tanggal 20 Mei 2012, yang melibatkan ratusan umat dari wilayah Paroki Katedral Ruteng serta Jalan Sehat pada tanggal 25 Mei 2012. Kegiatan Jalan Sehat diikuti oleh lebih dari 2.000 orang, termasuk Bupati dan Wakil Bupati Manggarai, Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng, Pastor Paroki Katedral Rm. Daniel Sulbadri, Pr; bekerja sama dengan PT Askes, Komisi Penanggulangan AIDS Daerah KPAD Kabupaten Manggarai dan Palang Merah Indonesia PMI Kabupaten Manggarai.

Pada tanggal 3 sampai 9 Juni 2012, Panitia Yubileum Tingkat Paroki Katedral Ruteng juga menggelar pertandingan Bola Volly antar Wilayah. Wilayah XI keluar sebagai juara pertama untuk Volly Putra, sedangkan juara Volly Putri diraih oleh Wilayah X. “Kita sengaja menggelar banyak kegiatan, agar kemeriahan dan syukur atas usia 100 tahun Gereja Katolik Manggarai benar-benar terasa,” jelas Lorens Guntur. Misa Agung Pembukaan Yubileum telah dilaksanakan di Reo pada 18 Mei 2012. Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng memimpin perayaan tersebut dan memberikan indulgensi. Puncak perayaan Yubileum 100 tahun Gereja Katolik Manggarai akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *