Uskup: Hindari Perilaku yang Merugikan Diri Sendiri

Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng berharap, para remaja tumbuh menjadi pribadi yang baik serta menghindari diri dari hal-hal yang merugikan dirinya sendiri. Hal tersebut disampaikan Mgr. Hubert, dalam kotbahnya pada perayaan ekaristi penerimaan sakramen krisma sekaligus peringatan ulang tahun Katedral Ruteng yang ke-92, Minggu 23 September 2012 di Gereja St. Maria Assumpta – St. Yosef Katedral Ruteng.

Ulang Tahun

Pastor Paroki Rm Deny Sulbadri dan Mgr. Hubert saat pemotongan tart ulang tahun (foto: Fr. Egy)
Menurutnya, saat ini banyak informasi yang menampilkan perilaku negatif para remaja, seperti kasus narkoba, pergaulan bebas, tawuran dan tindakan kriminal lainnya. “Para remaja, harus menjauhkan diri dari narkoba, pergaulan bebas dan hal-hal lain, karena akibatnya adalah kerugian besar pada diri sendiri. Hindari perilaku yang merugikan diri sendiri,” ungkapnya kepada 1.938 penerima sakramen Krisma yang sebagian besar adalah para remaja.
Selain itu, Mgr. Hubert juga menyampaikan pentingnya mengelola perasaan iri hati menjadi sesuatu yang positif. “Banyak yang sering merasa iri hati pada sesamanya. Jika perasaan tersebut tidak dikelola dengan baik, maka akibatnya adalah kita akan membenci sesama. Tetapi jika mampu dikelola dengan baik, pada akhirnya kita akan menjadikan perasaan iri hati tersebut untuk memacu kita untuk berprestasi dan melebihi orang lain, termasuk sesama yang keadaannya membuat kita iri,” jelasnya sambil memberikan ilustrasi tentang seseorang yang merasa iri pada prestasi orang lain, tetapi tidak lantas membenci orang tersebut melainkan berusaha dengan maksimal dengan langkah-langkah positif, sehingga berhasil menjadi pribadi yang lebih baik.
Rangkaian ulang tahun Katedral Ruteng diwarnai peluncuran Swardika – Buletin Paroki Katedral Ruteng pada acara resepsi ulang tahun di Aula Assumpta langsung setelah misa kedua. Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengungkapkan, Buletin Swardika diterbitkan sebagai jawaban atas himbauan Uskup tentang pentingnya setiap paroki memiliki sarana komunikasi dengan umat. “Selain Swardika, Katedral Ruteng juga mempunyai kronik dan jejaring sosial facebook serta blog yang dikelola dengan baik, sebagai sarana membagi informasi seputar Katedral kepada seluruh umat,” tuturnya. Ketua DPP berharap, media-media informasi tersebut mampu menggerakkan umat untuk semakin aktif dalam hidup menggereja serta dalam upaya pembangunan paroki.
Resepsi ulang tahun juga dihadiri oleh Vikep Ruteng Rm. Gerardus Janur Pr, Sekretaris Uskup Rm. Max Haber Pr, sejumlah imam biarawan dan biarawati serta tokoh-tokoh umat di Katedral Ruteng. Perhelatan wisata kuliner dengan tema Malam Kuliner 92 juga dilaksanakan oleh OMK Lumen Gratiae sebagai bagian dari peringatan HUT Katedral Ruteng yang ke-92. (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Satu gagasan untuk “Uskup: Hindari Perilaku yang Merugikan Diri Sendiri

  1. Ping-balik: Saya, Media Massa dan Foto Tanpa Caption - Arbell Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *