Mgr. Silvester San Tahbis Pater Kornelius di Katedral Ruteng

Mgr. Silvester San menahbiskan Pater Kornelius di Gereja Katedral Ruteng. Anggota Serikat Sabda Allah asal Pagal itu selanjutnya akan bertugas sebagai misionaris di Hong Kong.

mgr silvester san tahbis pater

Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng memberi berkat pada Diakon Kornelius | Foto: Frans Joseph

Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng, Mgr. Silvester San, Hari Sabtu (13/1) menerimakan sakramen imamat kepada Diakon Kornelius Supranoto Bardata, SVD. Perayaan ekaristi tahbisan tersebut dilaksanakan di Gereja Katedral Ruteng, mulai pukul 08.30 Wita.

Dalam homilinya, Mgr. Silvester San menyampaikan tentang kasih Yesus yang melampaui kasih manusia. Tema homili tersebut diambil berdasarkan motto tahbisan Diakon Kornelius, yakni: Bersyukurlah kepada Tuhan sebab Ia baik bahwasanya untuk selama-lamanya Kasih Setia-Nya, yang diambil dari Mazmur 118:1.

Uskup Denpasar ini mengambil contoh tentang sikap Yesus terhadap penyangkalan Petrus. “Kalau seseorang pernah mencuri, maka selamanya dia akan dianggap pencuri oleh masyarakat kita. Demikian pun pada kesalahan yang lain. Tetapi Yesus tidak demikian,” jelas Mgr. Silvester mengawali homilinya. Ditambahkannya, “Petrus yang pernah tiga kali menyangkalNya justru diberi kepercayaan untuk menggembalakan domba-dombaNya seteah tiga kali pertanyaan apakah kau mencintaiku, Simon Petrus?”

Meneladani sikap Yesus, harap Mgr. Silvester, Pater Kornelius akan senantiasa mengutamakan kasih dalam ziarah panggilannya di tempat pelayanannya nanti.

mgr silvester san tahbis

Mgr. Silvester San Menahbiskan Pater Kornelius | Foto: Frans Joseph

Menjadi Misionaris di Hong Kong

Pater Kornelius adalah anak dari pasutri Heribertus Bardata dan Yulin M. Derita. Lahir di Pagal pada tanggal 16 September 1982, Pater Kornelius mengenyam pendidikan di Pagal (TK dan SD), kemudian SMP di Seminari Kisol, SMA di Seminari Labuan Bajo.

Masa pembinaan (novis) diikutinya di Novisiat Sang Sabda Kuwu sebelum kemudian mengikuti pendidikan filsafat (S1) di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero. Selanjutnya, mulai tahun 2004 hingga ditahbiskan sebagai Imam, ziarah panggilan Pater Kornelius berlangsung di Hong Kong.

Dirinya belajar program pendidikan bahasa dan budaya Cina di Chinese Universit of Hong Kong, China, kemudian mengikrarkan kaul kekal hidup membiara pada 6 Mei 2012. Periode 2012 – 2013 imam baru yang akrab disapa Pater Toto ini menjalani masa praktek pastoral di Paroki Santa Maria Fatima Macau, sebelum menempuh pendidikan Teologi di Chatolic University of Saint Joseph Macau.Tanggal 1 Juli 2017, Kornelius ditahbiskan menjadi diakon oleh Uskup Stephen Lei Bun-Sang di Paroki St. Maria Fatima Macau.

Setelah menerima rahmat tahbisan imamat di Paroki Katedral Ruteng, Pater Kornelius Supranoto Bardata, SVD akan kembali bertugas di Macau. Sehubungan dengan misi tersebut, Bupati Manggarai Deno Kamelus yang hadir pada perayaan tersebut bersama Wakil Bupati Victor Madur dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah Kabupaten Manggarai menyampaikan sejumlah harapan.

“Semoga Pater menjalani panggilan ini dengan setia. Pater akan menjadi orang Manggarai yang berkarya di Hong Kong, karena itu Pater menjadi duta kami di sana,” kata Bupati Deno. Menurutnya, sebagai duta, Pater Kornelius diharapkan mempromosikan pariwisata Manggarai di tempat tugasnya nanti.
Selain itu sebagai orang Manggarai, Pater Kornelius diharapkan tetap berkontribusi bagi wilayah Manggarai melalui berbagai bentuk termasuk dengan menyampaikan kritik dan saran terkait pembangunan wilayah ini. “Tidak ada yang benar-benar terlepas dari akar. Di ruang pengabdian seluas dunia, kita tetap orang Manggarai dan karenanya wajib menjalankan ke-Manggarai-an itu,” ungkap Bupati Manggarai.

Perayaan tahbisan tersebut dihadiri oleh sejumlah imam Keuskupan Ruteng dan keluarga besar SVD Provinsi Ruteng. Provinsial SVD Ruteng P. Yosef Masan Toron, SVD mengucapkan terima kasih atas kesediaan Mgr. Silvester San menahbiskan Pater Kornelius. Paduan Suara St. Sisilia Katedral Ruteng membuat perayaan tersebut berlangsung semarak. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *