Minggu Palma di Katedral Ruteng

Perayaan Minggu Palma di Katedral Ruteng berlangsung semarak. Minggu, 13 April 2014 sejak jam 05.30 Wita, Umat Paroki Katedral Ruteng bersama ribuan umat dari tujuh paroki di kota Ruteng berkumpul di Lapangan Motang Rua, untuk mengikuti ibadat pemberkatan daun palma.

Minggu Palma di Katedral Ruteng

Perarakan Daun Palma 2014 | Foto: Leonardus Nyoman

Seperti diketahui, berdasarkan keputusan Kevikepan Ruteng, perayaan Minggu Palma di Ruteng secara serempak diawali di Lapangan Motang Rua. Tahun ini, ibadat pemberkatan daun palma dipimpin oleh Vikjen Keuskupan Ruteng, Rm. Alfons Segar, Pr; sedangkan petugas atau penanggungjawab perayaan adalah Paroki Kristus Raja Mbaumuku. Jam 06.00 Wita, Ibadat Pemberkatan Daun Palma dimulai. Umat tampak mengikuti rangkaian ibadat tersebut dengan khidmat, mulai dari awal hingga bergerak menuju ke paroki masing-masing.

Umat Paroki Katedral Ruteng kemudian berarak melalui Mbaru Wunut (seperti telah diinformasikan dalam rute Minggu Palma dan Jumat Agung). Sepanjang perarakan mereka bersama menyanyikan lagu-lagu Minggu Palma yang dipimpin oleh Ibu Maria Iman Husen dan Bapak Darius Nekong sembari mengangkat tinggi daun palma. Sebagian besar umat menggunakan pakaian adat Manggarai.

Di Gereja Katedral, umat langsung mengikuti Misa Minggu Palma yang dipimpin oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng, Rm. Daniel Sulbadri, Pr, didampingi oleh Rm. Ivan Selman, Pr (Kepala Sekolah SMPK St. Fransiskus Saverius Ruteng) dan Rm. Stefan Rahmat, Pr (Dosen STKIP St. Paulus Ruteng). Liturgi ditanggung oleh Wilayah III.

Dalam kotbahnya, Rm. Deny mengingatkan tentang kemiripan sikap masyarakat Yerusalem yang mengelu-elukan Yesus tetapi kemudian ikut menyorakinya pada jalan salib, dengan sikap masyarakat kita menjelang dan selama proses Pemilu Legislatif yang baru saja usai 9 April 2014. “Apakah kita telah bersikap sama seperti orang-orang Yerusalem? Sebelum Pemilu Legislatif, kita larut dalam pernyataan bersama mendukung caleg tertentu, tetapi pada hari H pemilihan lantas meninggalkannya?” demikian Rm. Deny dalam kotbahnya.

Ribuan umat mengikuti perayaan tersebut. Sebagian umat terpaksa mengikutinya dari halaman karena tidak mendapat tempat duduk di dalam Gereja. Misa Minggu Palma di Katedral Ruteng berlangsung dua kali. Selain pada hari Minggu, pada hari Sabtu (12/4) jam 16.30 Wita, juga dilaksanakan Ibadat Pemberkatan Daun Palma dan Misa Minggu Palma di Gereja Katedral Ruteng. Misa Minggu Palma pada Sabtu sore dipimpin oleh Rm. Beben Gaguk, Pr; liturgi ditanggung oleh Wilayah VI dan VII. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *