Minggu Palma, Uskup: Jangan Do Ut Des

Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng mengatakan, hakekat memberi adalah agar orang yang menerima juga memiliki kemampuan untuk memberi kepada yang lain. Hal tersebut disampaikannya dalam homili pada ritus pemberkatan Daun Palma di Lapangan Motang Rua, Minggu (29/3) kemarin.

Minggu Palma 2015 | Foto: Adenk Crova

Minggu Palma 2015 | Foto: Adenk Crova

Di hadapan ribuan umat dari tujuh paroki se-kota Ruteng, Mgr. Hubert mengatakan teladan memberi telah dengan luar biasa dilakukan Yesus Kristus. “Yesus memberikan nyawaNya sendiri agar umat manusia mendapatkan keselamatan. Teladan seperti itulah yang seharusnya dilakukan oleh kita semua, memberi agar orang lain juga memiliki kemampuan untuk memberi kepada yang lain,” jelasnya. Ditambahkannya, manusia dewasa ini memiliki kecenderungan besar untuk memberi agar bisa menerima dari orang lain padahal seharusnya kita wajib memberikan pertolongan dengan cinta kasih dan keikhlasan. “Jangan do ut des, memberi supaya saya mendapatkan tetapi hendaklah kita memberi karena kita mencintai sesama,” kata Uskup Ruteng.

Ritus pemberkatan Daun Palma di Lapangan Motang Rua Ruteng hari Minggu kemarin mengawali rangkaian Pekan Suci di Ruteng. Upacara tersebut dimulai jam 06.00 Wita dan dilanjutkan dengan perarakan ke paroki masing-masing. Umat Paroki Katedral Ruteng mengikuti rute yang telah disiapkan oleh Tim Kerja Paskah 2015 dan langsung mengikuti perayaan ekaristi Minggu Palma yang dipimpin oleh Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng.

Ketua Tim Kerja Nobertus Nagung menyampaikan, rute kali ini berbeda tahun lalu. “Kalau tahun lalu dari lapangan Motang Rua kita langsung mengambil jalur Mbaru Wunut kemudian menuju Gereja Katedral melalui Gereja Katedral Lama (Gereja St. Yosef, red) kali ini kita lewat jalur lain, melintas di depan RSPD, menuju arah DPRD lalu ke SMIP Sadar Wisata baru ke Gereja. Nanti jalur Jalan Salib juga berbeda dengan tahun lalu,” jelasnya yang juga menambahkan setiap tahun Tim Kerja selalu menentukan rute baru sehingga menjangkau seluruh kawasan paroki. (Baca juga: 408 KK Dapat Beras Sosial Karitatif)

Dalam perayaan misa Minggu Palma di Gereja Katedral Ruteng, Nobertus Nagung dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Uskup Ruteng yang memimpin perayaan Minggu Palma di Gereja Katedral Ruteng. Ketua Tim Kerja juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas liturgi yakni Wilayah XIII. Umat juga diminta untuk menjaga ketenangan selama Pekan Suci. (Baca iniJadwal Misa Pekan Suci 2015) (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *