Misa KBG Katedral Dilaksanakan Lagi

DPP Katedral Ruteng pada awal tahun 2014 memutuskan untuk melaksanakan dua kali Misa KBG (Komunitas Basis Gerejawi) dalam satu tahun, yakni menjelang Paskah dan menjelang Natal. Hari Selasa (21/10) kemarin, pengurus inti DPP telah melaksanakan pertemuan untuk membahas persiapan misa KBG menjelang Natal.

Misa KBG Katedral Dilaksanakan Lagi

Umat Katedral Ruteng | Foto: Gusty Stat

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di pastoran mulai jam 18.30 Wita tersebut disepakati bahwa pelaksanaan Misa KBG yang kedua atau menjelang Natal tahun ini akan dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai 12 Desember 2014. Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengatakan bahwa pelaksanaannya tidak akan berbeda dengan Misa KBG menjelang Paskah. “Nanti mekanismenya sama seperti yang sudah dilakukan sebelumnya yakni beberapa imam menyebar di KBG-KBG dan akan didampingi oleh tim DPP. Misa akan dilaksanakan di semua KBG dan didahului oleh penerimaan sakramen tobat sebagai persiapan menyongsong Natal,” paparnya.

Ketua DPP juga menambahkan bahwa tugas pendamping imam adalah membawa materi sosialisasi tentang pelbagai kebijakan parokial. “Selain mendampingi imam, tim ini juga akan menjelaskan tentang beberapa kebijakan paroki sehingga umat menjadi lebih paham. Apa yang akan kita sosialisasikan itu akan dirumuskan dalam waktu dekat, salah satunya adalah tentang pergantian pengurus DPP yang masa kerjanya akan selesai,” tambah Erlan Yusran.

Terkait persiapan pelaksanaan misa KBG pada bulan Desember tersebut, DPP saat ini sedang menyusun jadwalnya dan akan segera diumumkan di mimbar gereja serta melalui surat kepada para pengurus KBG. Ada sepuluh imam yang akan melayani misa KBG kedua tahun ini di 88 KBG di 13 Wilayah di Paroki Katedral Ruteng dengan lima belas tenaga pendamping yang adalah tim kerja DPP.

Pada pelaksanaan Misa KBG yang pertama bulan Maret silam, umat tampak antusias mengikuti dan mendengar sosialisasi tentang kebijakan paroki saat itu. Materi sosialisasi pada kesempatan tersebut adalah tentang keberadaan LG Corner Ruteng, Gerakan Seribu Rupiah dan Aksi Sosial Karitatif lainnya. Beberapa rekomendasi yang dihasilkan dalam dialog dengan umat telah dilaksanakan seperti pemberian bantuan ternak ayam kepada beberapa KBG dan bantuan dari kolekte Gerakan Seribu Rupiah GESER. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *